BMKG: Sejumlah Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini, Waspada Banjir

Agustiyanti
13 Maret 2023, 06:28
bmkg, hujan lebat, banjir
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Awan mendung di kawasan Situ Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (29/8/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan lebat akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat lebih dari 50 milimeter pada hari ini yaitu Senin (13/3). Beberapa wilayah di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi bahkan dinilai perlu siaga banjir. 

Berdasarkan laman resmi BMKG, potensi hujan lebat akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Hujan lebat ini juga berpotensi menerjang wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat Sulawesi Tengah,, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Beberapa wilayah pun diperkirakan mengalami hujan disertai kilat atau petir seperti Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Cuaca yang sama juga diperkirakan terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku dan Papua Barat.

Sementara itu, angin kencang berkecepatan 45 kilometer per jam berpotensi dialami beberapa wilayah itu seperti Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Adanya hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi menimbulkan banjir di sejumlah daerah yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung. Banjir juga berpotensi terjadi di  wilayah Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

“Siaga potensi banjir di wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat,” tegas BMKG.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...