Imigrasi Sebut Banyak WNA Rusia ke Bali Demi Menghindari Wajib Militer

Agustiyanti
13 Maret 2023, 10:50
imigrasi, rusia, warga negara rusia
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Warga negara Rusia berinisial SR yang akan dideportasi dihadirkan petugas saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali, Rabu (8/3/2023). Imigrasi Bali mendeportasi SR karena menyalahgunakan izin tinggalnya dengan bekerja sebagai fotografer di Bali.

Gubernur Bali I Wayan Koster mengusulkan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia untuk mencabut visa on arrival (VoA) bagi warga negara Rusia dan Ukraina yang ingin berkunjung ke Bali seiring munculnya sejumlah kasus.  Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menilai beberapa WNA asal Rusia yang berkunjung ke Bali kemungkinan demi menghindari kewajiban wajib militer (wamil) di negaranya.

“Kemungkinan besar ya seperti itu, karena itu fenomena internasional.  Jadi, memang ada ekspansi warga negara Rusia dan Ukraina lari ke Asia, Asia Tengah dulu awalnya baru turun ke bawah (negara-negara di Asia Tenggara),” kata Kepala Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sandro Bobby Raymon Limbong saat jumpa pers di Badung, Bali, Jumat.

Imigrasi melihat jumlah kunjungan WNA Rusia khususnya ke Bali melonjak dalam satu tahun terakhir. Beberapa negara di Asia Tenggara seperti Indonesia khususnya Bali, dan Thailand menjadi tujuan favorit WNA Rusia dan Ukraina yang hendak menghindari perang.

Imigrasi Ngurah Rai pada minggu ini (8/3) menangkap satu keluarga beranggotakan empat orang asal Rusia yang tinggal melebihi masa izin tinggal yang diberikan oleh Imigrasi (overstay). "Mereka ingin pulang, tetapi mereka menghindari wajib militer. Oleh karena itu, mereka tidak pulang, overstay, dan akhirnya tertangkap petugas,” kata pejabat Imigrasi Ngurah Rai itu.

Empat warga negara Rusia satu keluarga yang ditangkap oleh Imigrasi Ngurah Rai itu masing-masing berinisial SM, KM, MS, dan AM. Menurut dia,  izin tinggal empat WNA asal Rusia itu berakhir pada 16 November 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...