Zulhas Sebut Minyakita Langka Akibat Ulah Masyarakat Borong di Agen

Nadya Zahira
16 Maret 2023, 06:41
minyakita, minyak goreng, minyak goreng langka
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/YU
Pekerja memindahkan kardus yang berisi minyakkita di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Senin (06/03/2023). Perum Bulog Divre Bengkulu mendistribusikan 60 ribu liter minyaKita kepada 200 mitra penjualan Rumah Pangan Kita (RPK) di wilayah tersebut yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan minya menjelang Bulan Ramadan.

Pedagang masih mengeluhkan kelangkaan dan pembatasan pembelian Minyakita. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan salah satu penyebab langkanya produk MinyaKita karena adanya pihak yang memborong di agen. Oleh karena itu, Kementerian Perdagangan memutuskan tidak memperbolehkan pembelian MinyaKita dalam skala besar di agen atau D2.

"Kalau kemarin banyak sekali teman-teman yang minta MinyaKita, memang bisa dilayani melalui D2. Kelangkaan ini terjadi karena banyaknya teman-teman di daerah membeli dalam jumlah besar. Sekarang kami tegaskan, tidak boleh lagi," ujar Zulhas dalam rapat kerja atau raker dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (15/3).

Zulhas mengatakan, pemerintah telah menaikkan volume domestic market obligation atau DMO yang wajib dipenuhi oleh pengusaha menjadi sebesar 50%. Dengan demikian, eksportir wajib memasok minyak goreng di dalam negeri dari semula 300 ribu ton menjadi 450 ribu ton.

Meski demikian, Zuhlas mengatakan, implementasinya belum mencapai target pada Februari ini. "Kami sudah capai kemarin ke360 ribu ton." ujarnya.

Adapun dari 360 ribu ton tersebut, menurut dia, minyak curah mencapai 271.339 ton atau setara 75%, sedangkan MinyaKita sebanyak 88.811 ton atau setara 25%.

"Bulan Maret ini, kami akan paksa mencapai 450 ribu ton," tegasnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...