KA Pangrango Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Usai Terdampak Longsor

Nadya Zahira
17 Maret 2023, 08:09
KA pangrango, bogor-sukabumi, KAI, kereta
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Kereta Api Pangrango relasi Sukabumi-Bogor melintas di samping proyek pembangunan jalur rel ganda Bogor-Sukabumi di Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (16/12/2019).

PT Kereta Api Indonesia kembali membuka layanan Kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi pada Kamis (16/3) setelah rampungnya perbaikan jalur usai terdampak longsor. KA Pangrango kembali beroperasi setelah KAI dan Ditjen Kereta Api Kementerian Perhubungan melakukan uji coba beberapa kali guna memastikan keamanan jalur. 

"Setelah dilakukan ujicoba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan maka sejak Kamis dinihari jalur dinyatakan aman untuk operasional KA," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/3). 

Ia menjelaskan, hanya satu jadwal keberangkatan dari total enam perjalanan per haru yang dibatalkan untuk jalur relasi tersebut pada hari ini. Keberangkatan yang dibatalkan yakni KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB.

"Untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket," katanya.

Ia menyampaikan, calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100%. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan.

Adapun lima KA Pangrango yang beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023 ini yakni keberangkatan Stasiun Bogor KA 216C dengan jadwal pukul 08.20 WIB, KA 218C pukul 14.20 WIB, dan KA 214C pukul 19.50 WIB. Sedangkan untuk keberangkatan Stasiun Sukabumi, yakni KA 215B pukul 11.25 WIB dan KA 217B pukul 17.25 WIB.

Eva juga menjelaskan, jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter saat ini masih dalam proses perbaikan. "Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan," kata dia.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal menyampaikan bahwa kegiatan uji coba operasional  layanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi dilakukan pada jalur operasi sementara yang memanfaatkan jalur hilir yang tidak terdampak langsung oleh longsor.

"Kami sudah perkuat dinding tanah di samping jalur dengan batang rel dan baja H-beam untuk menahan tanah rawan akibat longsor, sehingga pagi ini sudah dapat dilalui meski kecepatannya perlu kami batasi,” ujar Risal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/3).

Risal menuturkan, uji coba operasional jalur KA tersebut dilakukan setelah pergerakan tanah sudah berkurang dan dirasa aman. Pembatasan kecepatan selama uji coba dilakukan supaya tidak memicu pergerakan tanah susulan sehingga proses evakuasi tetap dapat berjalan dengan aman.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...