Pupuk Indonesia Gandeng KAI untuk Distribusi Pupuk

Nadya Zahira
5 April 2023, 08:09
pupuk, pupuk indonesia, pupuk urea
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Ilustrasi. Kerja sama antara pupuk Indonesia dan KAI merupakan upaya untuk meningkatkan keandalan distribusi mengantisipasi kepadatan jalur darat menjelang arus mudik, dan balik Lebaran 2023.

PT Pupuk Indonesia (Persero), melalui anak usahanya PT Pupuk Sriwidjaja Palembang melakukan kerja sama distribusi pupuk bersubsidi dengan PT Kereta Api Indonesia atau KAI. Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan keandalan distribusi mengantisipasi kepadatan jalur darat menjelang arus mudik, dan balik Lebaran 2023.

Direktur Utama Pupuk Sriwidjaja Palembang Tri Wahyudi Saleh mengatakan, kerja sama ini dapat mempercepat waktu penyaluran. Distribusi pupuk dengan kereta api dinilai lebih efektif dan efisien.

“Kalau kita pakai truk mungkin bisa 4-5 jam dari Cilacap, kalau menggunakan kereta api 3 jam sampai gudang, tepat waktu,” ujar Tri melalui keterangan resmi, dikutip Rabu (5/4)

Dia menjelaskan, satu rangkaian kereta terdiri dari 10 gerbong. Dengan estimasi satu gerbong dapat mengangkut 30 ton pupuk, jumlah pupuk yang diangkut dapat mencapai 300 ribu ton dalam satu kali pemberangkatan rangkaian kereta.

Dia berharap kerja sama distribusi dengan KAI tersebut dapat diperluas ke gudang-gudang lainnya yang juga dilewati oleh jalur rel kereta api, sekaligus meningkatkan ketepatan waktu dalam distribusi pupuk bersubsidi.   

“Isu yang banyak beredar, pupuk tidak tepat waktu datangnya.  Jadi ,ini salah satu solusi untuk memperbaiki moda transportasi.," ujarnya.

Ia menjelaskan, kapasitas gudang saat ini mencapai 10.000 ton. Adapun alokasi stok satu tahun di gudang Brebes mencapai 41 ribu ton. Jumlah stok tersebut diyakini aman dan sudah mencapai di atas 100% dari ketentuan pemerintah.

Sementara itu, SVP Distribusi Pupuk Indonesia, Veronika Trisna Sukmawati mengatakan bahwa kerjasama angkutan pupuk subsidi menggunakan kereta api merupakan upaya Pupuk Indonesia untuk meningkatkan layanan distribusi atau penyaluran dalam rangka menyiapkan stok yang dibutuhkan petani sesuai alokasi dari pemerintah.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...