Cerita Penyapu Jalan, Rahasia Kinclongnya Labuan Bajo Selama KTT ASEAN

Abdul Azis Said
12 Mei 2023, 11:00
jalan pade, labuan bajo, KTT ASEAN, petugas kebersihan
Katadata/Abdul Azis Said
Tiga petugas kebersihan tengah membersihkan sepanjang jalan Pade, Labuan Bajo pada Senin (8/5). Jalan tersebut merupakan rute perjalanan para delegasi KTT ASEAN menunju lokasi utama.

Labuan Bajo tak hanya bersolek dengan berbagai pembangunan infrastruktur menjelang penyelenggaraan KTT ASEAN, tetapi juga dalam hal kebersihan. Trotoar di sepanjang jalan utama dan jalur  menuju lokasi KTT terpantau bersih, tak ada sampah berserakan.

Ada andil para penyapu jalan atau petugas kebersihan dibaliknya. Tiga di antaranya adalah Essi, Yanti dan Filo ditugaskan sebagai "penyapu debu" di sepanjang Jalan Pede.

Advertisement

Mereka adalah petugas harian yang dipekerjakan oleh Dinas Bina Marga setempat. Tugas mereka adalah  menyapu trotoar dan jalan sepanjang kurang lebih 3 KM dari pertigaan jalan Pantai Pede hingga sekitar Hotel Jayakarta.

Saat tim Katadata.co.id menemui pada Kamis pagi (11/5), ketiganya sedang berada di trotoar sekitar Hotel Bintang Flores. Pekerjaan mereka sudah setengah perjalanan setelah start beberapa hari lalu. "Kami juga sekaligus membersihkan rumput-rumput, kalau ada rumput di trotoar kemudian kita bersihkan," kata Yanti.

Yanti sudah bekerja sebagai petugas harian lepas untuk menyapu jalan selama dua bulan terakhir. Ia mengatakan, mereka punya jam kerja selama delapan jam, dengan dua jam istirahat untuk makan siang.

Saat ditemui, ketiganya sedang beristirahat sejenak sambil menyeruput kopi.   Yanti bercerita, petugas kebersihan untuk menyapu jalan sebenarnya sudah ada jauh sebelum KTT ASEAN diselenggarakan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement