Produksi Gula Domestik Naik, Kebutuhan Impor Menurun Tahun Ini

Nadya Zahira
5 Juni 2023, 10:43
gula, impor gula
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Pekerja melakukan bongkar muat gula kristal putih impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Bapanas memperkirakan impor gula akan mencapai di bawah 1 juta ton pada tahun ini.

Badan Pangan Nasional atau Bapanas memperkirakan, kebutuhan impor gula menurun pada tahun ini. Ini seiring ketersediaan pasokan gula yang meningkat di dalam negeri dengan dimulainya musim giling tebu di berbagai Pabrik Gula atau PG.

Sekretaris Badan Pangan Nasional Sarwo Edhy mengatakan, ketersediaan gula di dalam negeri yang banyak pada tahun ini membuat gula yang diimpor lebih sedikit dibandingkan tahun lalu.

"Rencana pengadaan dari luar pada tahun ini di bawah 1 juta ton, sementara tahun 2022 masih di atas 1 juta ton. Ini merupakan langkah awal yang baik untuk memperkuat industri gula nasional kita," ujar Sarwo melalui keterangan resminya, Senin (5/6).

Sarwo mengatakan, masa giling yang dimulai secara serentak di pertengahan tahun ini membuat pasokan gula dalam negeri akan meningkat signifikan. Menurutnya, kondisi ini baik untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga gula nasional, khususnya memastikan ketersediaan cadangan gula pemerintah.

"Kita menargetkan giling pada tahun ini menghasilkan produktivitas dan rendemen yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya sehingga dapat meningkatkan stok gula nasional, memastikan cadangan gula pemerintah di BUMN Pangan tersedia, dan mengurangi angka impor gula pada tahun depan,” ujarnya.

Berdasarkan Prognosa Pangan Nasional, rencana produksi gula konsumsi pada musim giling pada 2023 mencapai 2,6 juta ton atau lebih tinggi dari produksi pada 2022 sebanyak 2,4 juta ton. 

Adapun kebutuhan gula nasional mencapai 3,4 juta ton dalam satu tahun. Menurut Sarwo, masih dibutuhkan pengadaan dari luar untuk menutupi kekurangannya.

“Walaupun saat ini berdasarkan perbandingan produksi dan kebutuhan gula secara nasional kita masih membutuhkan pengadaan gula dari luar, akan tetapi bisa kita apresiasi dengan produksi yang lebih baik, tahun ini rencana pengadaan gula konsumsi dari luar lebih kecil dari tahun lalu," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...