Bapanas: 21,3 Juta Sudah Terima Bansos Beras 433 Ribu Ton

Nadya Zahira
6 Juni 2023, 11:14
beras, bansos, penyaluran bansos
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Ilustrasi. Bantuan beras telah disalurkan kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM sejak Maret 2023.

Badan Pangan Nasional atau Bapanas mencatat sebanyak 433 ribu ton beras telah disalurkan untuk bantuan pangan. Bantuan tersebut telah disalurkan kepada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat atau KPM sejak Maret 2023.

Kelapa Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, jumlah bantuan pangan beras yang disalurkan tersebut terbagi kedalam 3 tahap. Tahap 1 telah terealisasi sebanyak 210 ribu ton, tahap 2 sebanyak 172 ribu ton, dan tahap 3 sebanyak 51 ribu ton. 

"Masing-masing KPM akan menerima 10 kilogram beras per tahapan penyaluran atau perbulan,” ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi melalui keterangan resmi, Selasa (6/6)

Arief mengatakan, alokasi beras yang disiapkan untuk bansos pangan beras mencapai 213.530 ton per bulan. Dengan demikian, alokasi untuk tiga bulan mencapai 640.590 ton.

Adapun bantuan beras ini merupakan bagian dari penyelenggaraan penyaluran cadangan beras pemerintah atau CBP berdasarkan Perpres 125 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah dan ditindaklanjuti dengan Perbadan Nomor 12 tahun 2022 tentang Cadangan Beras Pemerintah. 

Dalam penyelenggaraan CPP tersebut, pemerintah dapat menyalurkan CBP untuk antisipasi, mitigasi, dan pelaksanaan keperluan yang ditetapkan pemerintah antara lain stabilisasi harga, mengatasi masalah pangan, mengatasi krisis pangan, dan pemberian bantuan pangan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...