Pendaki Malaysia Dihujat, Tak Akui Sherpa Everest Penyelamat Nyawanya

Agustiyanti
7 Juni 2023, 08:32
puncak Everest, everest, sherpa everest, pendaki malaysia
Pexels/Dick Hoskins
Ilustrasi, puncak Everest. Musim semi ini telah menjadi salah satu musim pendakian paling mematikan di Everest. Sebanyak 12 orang dipastikan tewas dalam ekspedisi dan lima pendaki lainnya hilang.

Seorang pendaki Malaysia yang diselamatkan dari kematian di Gunung Everest dituduh oleh para warganet di media sosial tidak berterima kasih kepada Sherpa yang telah menyelamatkan hidupnya. Pendaki yang diselamatkan, Ravichandran Tharumalingam sempat berada di ambang kematian ketika ditemukan pada 18 Mei oleh pemandu gunung, Gelje Sherpa dan kliennya asal Cina saatsedang dalam perjalanan ke puncak Everest.

Ravichandran terjebak di "zona kematian" Everest, di mana oksigen di lokasi tersebut terbatas dan suhu bisa turun hingga minus 30 derajat Celcius (minus 22 derajat Fahrenheit) atau lebih rendah.

"Gelje menemukan Ravichandran menggigil kedinginan, menggenggam tali, tanpa oksigen botolan, tanpa Sherpa dan tanpa pemandu, katanya, seperti dikutip dari SCMP, Rabu (7/6). 

Tim lain yang mendaki melewati Ravichandran, tetapi Gelje membujuk kliennya untuk berhenti mendaki dan berusaha menyelamatkan pendaki yang terdampar itu. Ia membungkus Ravichandran di tikar tidurnya dan menggendongnya di punggungnya. Gelje membawa pendaki itu ke Kamp 4 Everest, di mana para Sherpa lainnya akhirnya membantunya.

Aksi Gelje membawa pendaki ini heroik mengingat ia perlu turun 570 meter (1.900 kaki) di ketinggian ekstrem dalam enam jam, sambil membawa pria lain.

Setelah pulih, Ravichandran pun kembali ke Malaysia dan tampil di TV nasional pada awal Juni untuk berbicara tentang penyelamatan yang berani. Pendaki itu telah mencapai puncak Everest setidaknya tiga kali, dan kehilangan ujung delapan jarinya karena radang dingin pada 2022.

Namun saat menampilkan penampilan media di postingan Instagram, di mana Ravichandran berterima kasih kepada tim penyelamat dan organisasi mitranya, dia menghilangkan nama Gelje.

“Saya hidup hari ini, karena saya memiliki Mitra terbaik dan berdedikasi – The 14th peaks Expedition Co dan Global Rescue Ins,” tulisnya.

Unggahan lain di akun Instagramnya, di mana dia mengiklankan kaus, berterima kasih kepada sponsor, dan mempromosikan pendakian Gunung Rinjani, juga tidak menyebut Gelje.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...