Tix ID Investasi di Startup Hiburan Singapura

Melalui investasi tersebut, pengguna Tix ID tak hanya bisa membeli tiket bioskop melainkan juga berbagai tiket acara mulai Maret 2020.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
14 Februari 2020, 09:23
Tix ID, investasi, startup, pouchnation
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Tix ID saat ini menjangkau lebih dari 80% bioskop di Indonesia.

Platform tiket online Tix ID berinvestasi di startup hiburan Singapura, PouchNation, dalam putaran pendanaan seri B yang tidak disebutkan besaran dananya. Lewat kemitraan baru ini, pengguna Tix ID tak hanya bisa membeli tiket bioskop melainkan juga berbagai tiket acara mulai Maret 2020.

CEO PouchNation Ilya Kravtsov mengatakan, kemitraan itu memungkinkan para promotor acara mendistribusikan tiket mereka di Tix ID dan bekerja dengan tim lapangan perusahaan. 

"Visi perusahaan kami adalah untuk membangun ekosistem pengalaman teknologi terbesar di Asia Tenggara," ujar Ilya Kravtsov, seperti dikutip dari Tech In Asia, Kamis (13/2)

Tix ID saat ini memiliki lebih dari 10 juta pengguna terdaftar dengan 5 juta pengguna aktif bulanan. Aplikasi ini menjangkau lebih dari 80% bioskop di Indonesia.

(Baca: Good Doctor Indonesia Kerja Sama dengan Grab Tangkal Hoaks Corona)

Adapun PouchNation diperkirakan tumbuh dari US$ 5,7 miliar pada 2019 menjadi US$ 11,4 miliar pada 2024. Tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (compound annual growth rate) diperkirakan sebesar 15%. Perusahaan juga dikabarkan memiliki permintaan yang meningkat dalam otomatisasi perencanaan acara, manajemen, pemasaran, dan proses terkait lainnya.

PouchNation sebelumnya mengumumkan perolehan pendanaan seri B yang dipimpin oleh Traveloka dan SPH Ventures pada Juni tahun lalu. Startup  ini berdiri pada 2014 dengan bisnis awal penyediaan layanan pembayaran nontunai di berbagai acara.

(Baca: Xiaomi dan Ratusan Perusahaan Tiongkok Cari Pinjaman Efek Virus Corona)

Kini, perusahaan mengembangkan layanan menjadi penyedia solusi satu atap terkait penyelenggaraan acara. Layanan yang disediakan mulai dari tiket, kontrol akses keamanan, pembayaran, aktivasi pemegang merek, pengumpulan data, dan lainnya.

Hingga saat ini, perusahaan telah beroperasi di Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand. PouchNation menyediakan layanan PouchEvents, PouchVenues, dan PouchDigital.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait