Paxel Sediakan Loker Pintar di GBK

Loker pintar yang disediakan Paxel dapat digunakan para pengunjung yang datang ke GBK untuk menitipkan barangnya ketika berolahraga.
Dimas Jarot Bayu
31 Agustus 2019, 19:54
startup, paxel, loker pintar
Katadata/Dimas Jarot Bayu
Startup di bidang logistik, Paxel menyediakan loker pintar di area Glora Bung Karno

Perusahaan rintisan digital  (startup di sektor logistik, Paxel menyediakan loker pintar (smart locker) di wilayah Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Loker pintar itu bakal bisa digunakan para pengunjung yang datang ke GBK untuk menitipkan barangnya ketika berolahraga.

Selama ini, para pengunjung yang ingin berolahraga agak kesulitan karena minimnya tempat penitipan barang di GBK. Paxel melihat peluang ini dan menaruh dua loker pintar di dekat Garuda Store, tempat penjualan merchandise resmi Tim Nasional (Timnas) Indonesia di GBK.

Nantinya, para pengunjung GBK tinggal datang ke loker pintar Paxel dan membayar biaya penitipan. Pengunjung lalu akan mendapatkan kode QR yang bisa digunakan membuka loker pintar tersebut.

"Nanti barang mereka bisa dititipkan. Setelah dua-tiga jam mereka selesai olahraga, balik lagi barangnya tinggal diambil," kata CEO Paxel Bryant Christanto.

(Baca: Shopee Target Lebih dari 5,8 Juta Transaksi Saat Pesta Diskon 9.9)

Saat ini baru ada dua loker pintar Paxel yang ditaruh di kawasan GBK. Bryant mengatakan, Paxel akan menambah lagi jumlah loker pintar untuk bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung GBK ke depannya.

"Mungkin kami akan tambah lima atau enam (loker pintar) lagi biar semua fans Garuda (pendukung Timnas Indonesia) ada tempat untuk titip barang," kata Bryant.

Penyediaan loker pintar ini merupakan salah satu bentuk kerja sama Paxel dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Selain penyediaan loker pintar, Paxel juga akan menjadi mitra dari Garuda Store yang bakal membuat toko online.

Paxel akan membantu layanan logistik toko online Garuda Store. Menurut Bryant, Paxel nantinya menyiapkan merchandise yang telah dibeli oleh konsumen Garuda Store.

Paxel juga bakal menggunakan layanan pengiriman barang dalam sehari antarkota antarprovinsi (same day delivery) kepada para konsumen Garuda Store. "Misalnya ada costumer yang di bali atau surabaya order, itu kami siapkan barangnya, kami taruh di box-nya seperti itu dan kami tempel label pengiriman logistik," kata dia.

(Baca: Menyusul Bali United, PSSI Dorong Klub Sepak Bola Masuk Bursa dan IPO)

Advertisement

Gudang Logistik Timnas

Selain itu, Paxel  akan membantu kebutuhan logistik Tim Nasional (Timnas) Indonesia, mulai dari keperluan latihan sehari-hari hingga pertandingan. Termasuk satu gudang khusus untuk 5000 barang milik Timnas Indonesia di wilayah Jakarta Barat.

Gudang tersebut dilengkapi dengan kamera pengawas dan smart inventory system milik Paxel. "Jadi setiap barang di gudang akan di-track dan dimonitor," kata Bryant.

Paxel juga menyediakan jasa pengemasan untuk setiap logistik milik Timnas. Paxel pun menyediakan dua orang kurir yang akan menyiapkan, mengantar, dan menjemput logistik Timnas Indonesia menggunakan mobil van.

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Marshal Masita mengatakan, logistik merupakan faktor krusial bagi Timnas Indonesia. Hanya saja, PSSI selama ini tidak memiliki kapabilitas di bidang logistik. 

(Baca: Startup E-Commerce, Mbiz Catat Transaksi Naik 65% per Semester I)

Ia mencontohkan, PSSI tak memiliki gudang sendiri untuk menyimpan logistik Timnas. Akhirnya, PSSI terpaksa meminjam gudang logistik milik Markas Komando Korpos Brigadir Mobil (Mako Brimob). PSSI juga pernah menyewa gudang di kawasan Kemang, Jakarta.

Pengelolaan logistik di gudang yang dipinjam PSSI pun dilakukan secara manual. Alhasil, terkadang ada logistik milik Timnas yang hilang atau rusak.

"Yang jelas itu diurus manual. Kalau diurus manual mungkin enggak ada human error? Ini kan enggak bisa. Kami harus well prepared," jelas dia. 

Selain itu, PSSI tak memiliki kapabilitas dalam proses pengemasan dan pengiriman logistik untuk Timnas Indonesia. Selama ini, lembaga tersebut hanya menugaskan seorang kitman untuk mengurus seluruh kebutuhan logistik Timnas Indonesia.

Kitman lah yang mengambil dan mengantarkan kembali perlengkapan dari tempat penyimpanan, lokasi latihan, hingga arena pertandingan. Hal tersebut, lanjut Marshal, cukup menyulitkan.  Atas dasar itu, PSSI bekerja sama dengan Paxel untuk membantu kebutuhan logistik Timnas.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait