Instagram akan Hadirkan Iklan di IGTV, Selebgram Dapat Bagi Hasil
Instagram bakal menghadirkan iklan di aplikasi video IGTV. Sehingga, perusahaan milik Facebook ini juga bakal membagi hasil pendapatannya kepada para selebragm atau influencer yang membuat konten di aplikasi tersebut untuk layanan iklan tersebut.
Kebijakan ini bakal meningkatkan pendapatan iklan yang disumbang Instagram terhadap bisnis periklanan Facebook. Menurut Bloomberg, Instagram menghasilkan sekitar US$ 20 miliar atau sekitar Rp 295 triliun dari iklan, yang merupakan lebih dari 25% dari keseluruhan pendapatan Facebook.
Instagram rencananya akan membagikan setidaknya 55% dari pendapatan iklan melalui IGTV dengan para pembuat konten. Dengan demikian diharapkan lebih banyak influencer membuat materi untuk IGTV. Model bisnis ini telah terbukti menjadi hit untuk platform lain, terutama YouTube milik Google.
“Kami berkomitmen untuk menjadikan IGTV tempat yang efektif dan aman untuk beriklan, sehingga kami dapat membantu pembuat konten menghasilkan uang dan menghubungkan orang dengan produk hebat,” ujar Instagram dikutip dari CNBC International, Rabu (27/5).
(Baca: Pemerintah Bakal Tarik Pajak Netflix dan Spotify Mulai 1 Juli 2020)
Facebook meluncurkan IGTV pada Juni 2018 sebagai sumber penghasilan tambahan (spin off) dari Instagram. Melalui fitur yang ditampilkan pada aplikasi di perangkat seluler tersebut, pengguna dapat menonton video yang lebih lama. Pengguna dapat mengakses video IGTV secara langsung melalui Instagram atau aplikasi IGTV yang berdiri sendiri.