Kalahkan Apple, Samsung Jadi Merek Paling Populer di Asia

Samsung menempati posisi pertama merek paling populer di pasar Asia, mengungguli Apple.
Image title
10 Juli 2020, 12:04
samsung, apple, smartphone, raksasa teknologi, merek ponsel paling terkenal
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Pangsa pasar Samsung di pasar Asia Tenggara mencapai 18,9% selama kuartal pertama tahun ini.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung tercatat menjadi merek paling populer di pasar Asia. Samsung bersaing dengan  Apple sebagai merek paling populer tahun ini.

Lembaga riset Campaign Asia-Pacific dan Nielsen merilis laporan terkait 1.000 merek paling populer di Asia. Selama sembilan tahun berturut-turut Samsung menempati posisi pertama. 

Posisi Samsung diikuti oleh merek teknologi lain luar Asia yakni Apple yang notabene berasal dari AS. Posisi ketiga diikuti oleh Panasonic dari Jepang, kemudian LG Electronics dari Korea Selatan dan kelima Nestle. 

(Baca: Apple Akan Hapus Ribuan Gim Online di Tiongkok Bulan Depan)

Samsung telah berada di puncak brand paling populer sejak 2012. Sementara LG naik dua posisi dibanding 2019. Posisi LG menggeser raksasa teknologi Jepang Sony yang kini menempati posisi keenam.

Laporan tersebut didasarkan pada survei tahunan Campaign Asia-Pacific dan Nielsen terhadap 8.400 konsumen di 14 pasar regional utama di seluruh wilayah Asia-Pasifik.

Menurut Campaign Asia-Pacific, Samsung dipilih sebagai merek paling populer sebab perusahaan melakukan investasi berkelanjutan dalam teknologi inovatif, termasuk pada produk ponsel lipat mereka Samsung Galaxy Fold dan Galaxy Z Flip.

Samsung memang merajai pasar ponsel pintar atau smartphone dengan pangsa pasar secara global, sebesar 21,8% pada 2019. Samsung berhasil mengirimkan perangkatnya sebanyak 298,1 juta unit ponsel. 

(Baca: Salip Samsung, Huawei Rajai Pasar Ponsel Global April 2020 )

Survei yang dilakukan GlobalWebIndex di 45 negara pada tahun lalu juga menemukan  kepemilikan smartphone Samsung unggul di 28 negara, sedangkan smartphone produksi Apple ini menguasai 13 negara.

 

Penjualan ponsel mereka tumbuh 2% dibanding 2018. Merek dari Tiongkok Huawei bersaing dengan Samsung di pasar penjualan ponsel. Huawei berhasil menjual sebesar 240,6 juta unit ponsel. Huawei juga menguasai 17,6% pangsa pasar dunia.  

(Baca: Ahli Waris Samsung Group Terancam Dipenjara Lagi)

Mengerucut ke Asia Tenggara, Samsung juga merupakan merek smartphone yang paling menguasi pasar. Meski begitu di kuartal terakhir tahun lalu, posisinya disalip oleh perusahaan asal Tiongkok OPPO. Posisi Samsung kemudian naik kembali jadi yang pertama pada kuartal I 2020.

Menurut laporan dari firma riset pasar Counterpoint Research, pangsa pasar Samsung di pasar Asia Tenggara mencapai 18,9% selama kuartal pertama tahun ini.  Kedua OPPO yang mendapat pangsa pasar  18,7%. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait