Diunduh 1 Miliar Kali, Netflix Jadi Aplikasi VoD Terlaris di Android

Netflix berhasil mengalahkan pesaingnya, Amazon Prime dan HBO menjadi aplikasi streaming film atau video on demand paling laris di Android.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
30 Juli 2020, 11:25
streaming film, film, netflix, android, aplikasi streaming film
Google Play Store
Ilustrasi. Netflix hingga kini telah diunduh lebih dari satu miliar kali.

Netflix telah diunduh lebih dari 1 miliar kali ecara global di PlayStore. Perusahaan berhasil mengalahkan Amazon Prime dan HBO Go sehingga menjadi aplikasi video on demand paling laris di Android.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (29/7), capaian Netflix masih jauh berasda di atas platform-platform pesaingnya. Tercatat, Amazon Prime tercatat memiliki 500 juta unduhan., Hulu berada antara 50 hingga 100 juta unduhan. Selanjutnya, HBO Go tercatat hanya memiliki lebih dari 5 juta unduhan.

Platfrom yang tengah naik daun, Disney+ pun mulai menunjukkan persaingan sengit meski belum genap berusia satu tahun. Tercatat, aplikasi tersebut memiliki lebih dari 10 juta unduhan.  Padahal, jangkauan Disney+ jauh lebih terbatas dibandingkan dengan Netflix, HBO GO, Amazon Prime, maupun Hulu.

Aplikasi yang diluncurkan pada 12 November 2019 itu kini masih tersedia di tiga negara saja, yakni Kanada, Amerika Serikat, dan Belanda.

Platform VoD menjadi laris manis akibat pandemi corona yang membatasi pergerakan masyarakat di seluruh dunia. Hal itu menyebabkan beberapa negara justru membuat kualitas video yang ditayangkan menjadi tersendat-sendat.

Netflix pun sempat memutuskan untuk menurunkan kualitas standar video yang ditayangkan menjadi standard definition atau SD guna mengatasi permasalahan tersebut. Namun, hal itu tak bertahan lama lantaran perusahaan melakukan sejumlah pembaruan dan peningkatan kapasitas bandwith untuk mengakomodasi lonjakan penggunanya.

Berdasarkan riset Statista, pada kuartal kedua 2020 Netflix memiliki 192,95 juta pelanggan secara global. Dari pelanggan ini, 72,9 juta di antaranya berasal dari Amerika Serikat.

Sebagai informasi, Telkom Group akhirnya membuka blokir layanan Netflix pada awal bulan ini. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini pun berjanji untuk menampilkan lebih banyak film lokal di Indonesia.

Netflix menyambut baik langkah Telkom membuka blokir atas layanannya. Dengan begitu, pelanggan IndiHome, Telkomsel dan Wifi.id dapat mengakses tayangan Netflix mulai dari serial televisi, dokumenter, serta film lokal dan internasional.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film lokal. Juga meningkatkan pengalaman pengguna, serta mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia," ujar Business Development Manager Netflix Tizar Patria dikutip dari siaran pers, Selasa (7/7).

Netflix mengalami peningkatan pendapatan di tengah pandemi Covid-19. Total pendapatan perusahaan meningkat dari US$ 5,5 miliar pada kuartal IV 2019 menjadi US$ 5,8 miliar pada kuartal I-2020. Nominal tersebut setara Rp 85,5 triliun dan Rp 90,2 triliun dengan kurs Rp 15.550/USD.

Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait