Riset KIC-Kredivo: Rata-rata Orang RI Belanja Online 20 Kali pada 2019
Riset Katadata Insight Center dan Kredivo menunjukkan terjadi peningkatan transaksi di platform e-commerce selama 2019. Jumlah rata-rata transaksi e-commerce per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir di 2019 meningkat, dengan puncak peningkatan terjadi pada Desember.
Pada bulan tersebut, jumlah transaksi 22% lebih besar daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan. Kenaikan juga terjadi pada nilai transaksi di hampir semua produk yang dijual di e-commerce. Seperti untuk kategori komputer dan aksesorisnya, nilai transaksi meningkat 15% dibanding 2018. Bahkan untuk kategori pemesanan hotel dan perjalanan bisa meningkat sampai 98%. Hanya kategori elektronik yang turun 3%.
Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri mengatakan, semua kelompok umur tetap terbuka untuk bertransaksi online. Rata-rata belanja tiap orang per tahunnya menunjukan angka 17-20 kali berapapun usianya.
Namun, peningkatan aktivitas transaksi di e-commerce terutama didukung oleh konsumen generasi Z dan millenial dengan kontribusi 85% dari total transaksi. "Data ini menunjukkan meskipun didominasi milenial, kepercayaan konsumen pada e-commerce sebagai cara berbelanja terjadi pada lintas generasi," kata Mulya dalam video conference pada Selasa (4/8).
Ia juga menilai peningkatan transaksi e-commerce menunjukan bahwa konsumen semakin percaya dan merasa nyaman dalam berbelanja online. Berdasarkan riset, konsumen juga semakin yakin untuk bertransaksi dalam nominal besar.
Adapun dalam meningkatkan kepercayaan, e-commerce menerapkan sistem verifikasi penjual untuk menghindari adanya penipuan saat bertransaksi. Alhasil, konsumen menjadi merasa aman saat membeli barang melalui platform.