Dikabarkan Segera IPO, Ini Strategi Bisnis Blibli Memenangkan Pasar

Fahmi Ahmad Burhan
25 Juli 2022, 20:38
Blibli bekerja sama dengan BCA
Blibli.com
Ilustrasi. Blibli kini tengah gencar mengembangkan strategi bisnisnya untuk meraup untung, terutama dengan menyasar pasar omnichannel.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan sinyal bahwa e-commerce Blibli akan segera melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Blibli kini tengah gencar mengembangkan strategi bisnisnya untuk meraup untung, terutama dengan menyasar pasar omnichannel.

Blibli fokus ke bisnis omnichannel dengan meluncurkan BlibliMart pada 2020. Gerai fisik memungkinkan pelanggan berbelanja langsung, tetapi pembayaran dilakukan secara cashless dan tanpa kasir. 

E-commerce bernuansa biru itu juga mengakuisisi saham emiten ritel PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) atau pengelola Ranch Market tahun lalu.

Blibli juga menerapkan strategi omnichannel dengan menyasar warung, melalui Blibli Mitra. Langkah serupa dilakukan oleh Tokopedia dan Bukalapak yang telah mencatatkan IPO lebih dahulu. Saat ini, ada lebih dari 100 ribu mitra warung yang bergabung di Blibli Mitra di seluruh Indonesia.

Selain itu, Blibli meluncurkan fitur Click & Collect pada 2019 untuk memperkuat strategi omnichannel. Fitur ini memungkinkan pelanggan memilih produk secara online via website atau aplikasi, kemudian mengambil pesanan langsung di toko.  

Ada juga Blibli InStore. Layanan ini memungkinkan pelanggan berbelanja di toko offline dan melakukan pembayaran cicilan 0% dari bank mitra Blibli.

Senior VP O2O Blibli David Michum mengatakan, perusahaan akan terus berinovasi mengembangkan layanan omnichannel lainnya. "Kami akan terus mengembangkan bisnis omnichannel, termasuk menggandeng banyak partner. Jangkauannya kami perluas, tidak hanya dari sisi wilayah, tapi juga produk dan kategori," katanya dalam konferensi pers pada Senin (25/7) di Jakarta. 

Ia mengatakan, Blibli gencar menyasar pasar omnichannel karena meramal ini akan menjadi tren ke depan. "Saat ini, kami memasuki era di mana dunia offline dan online saling mendukung, serta sepenuhnya terhubung," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, strategi omnichannel dapat memberikan pengalaman berbelanja berbeda bagi konsumen Blibli. Omnichannel juga akan mendorong pertumbuhan industri yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...