Sri Mulyani Laporkan SPT Tahunan Pajak Lewat Online

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta masyarakat segera melaporkan SPT Pajak tahun 2019.
Agatha Olivia Victoria
10 Maret 2020, 13:56
sri mulyani, spt tahunan pajak, surat pemberitahuan tahunan pajak, lapor spt online
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan SPT tahunan pajak secara online bersama jajarannya pada Selasa (10/3).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak secara online pagi ini, Selasa (10/3). Ia pun  mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan SPT tahun pajak 2019.

"Saya sebagai pengurus keuangan negara juga adalah wajib pajak. Saya ingin melaksanakan kewajiban pembayaran pajak orang pribadi," ujar Sri Mulyani di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu, Jakarta, Selasa (10/3).

Tak sendirian, Sri Mulyani melaporkan SPT tahunan pajak bersama beberapa jajaran Kemenkeu lainnya yakni Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, Sekretaris Jenderal Hadiyanto, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, Direktur Jenderal Pembiayaan Pengelolaan dan Risiko Luky Alfirman, serta Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini pun mengaku senang, Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat negara lainnya telah melaporkan SPT tahunannya. Ia berharap tindakan tersebut bisa menjadi contoh bagi masyarakat, terutama wajib pajak orang pribadi yang memiliki penghasilan di atas penghasilan tidak kena pajak atau PTKP.

Advertisement

(Baca: Kejar Pelaporan SPT Tahunan, Ditjen Pajak Kirimkan Surat Elektronik)

Adapun ia menegaskan, wajib pajak orang pribadi yang memiliki penghasilan di atas PTKP yakni Rp 54 juta wajib melaporkan SPT mulai Januari hingga Maret setiap tahunnya. "Masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi yang pendapatannya diatas Rp 54 juta per tahun dalam hal ini mereka wajib sampaikan pajak pembayaran pribadi dan serahkan SPT untuk pendapatan mereka pada  2019," ucap dia.

Sri Mulyani menyebut peranan orang pribadi semakin tahun semakin meningkat. Ini menggambarkan kesadaran masyarakat bahwa membayar pajak merupakan kewajiban untuk merawat negara kian meningkat

Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Suryo Utomo mengungkapkan, kegiatan pelaporan SPT bersama jajaran Kemenkeu ini merupakan rentetan kegiatan yang telah diawali oleh pengisian SPT bersama presiden dan wakil presiden. Pengisian SPT secara online kini menurut ia memang semakin digencarkan sehingga pelaporan SPT secara manual akan dikurangi.

(Baca: Cara Lapor SPT Pajak Online, Termasuk Jika Lupa Password)

"Salah satu keinginan kami untuk tingkatkan kepatuhan wajib pajak kami coba sampaikan ke tokoh panutan pemerintahan untuk sama- sama cerita bahwa kita sebagai pimpinan negara tugasnya mendukung negara," kata Suryo dalam kesempatan yang sama.

Dalam rangka menggiatkan sosialisasi pajak, Suryo menjelaskan bahwa pihaknya telah menghimpun 7.740 relawan pajak. Relawan tersebut mayoritas berasal dari universitas sehingga para mahasiswa bisa mengajarkan mahasiswa lainnya untuk mengisi SPT.

Selain itu, ia mengatakan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa ikatan konsultan dalam mensosialisasikan pelaporan SPT tahunan. "Sehingga kami sangat berharap masyarakat teredukasi dan menyampaikannya secara online," tutupnya.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait