IHSG Sesi I Naik 0,11% Ditopang Saham Sektor Tambang

Indeks saham sektor pertambangan naik 1,01%, sementara aneka industri turun 1,05%.
Image title
20 Februari 2020, 13:24
ihsg, indeks saham, saham pertambangan
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Ilustrasi. Pada perdagangan sesi pertama hari ini, total volume saham yang ditransaksikan sebanyak 3,32 miliar.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  pada penutupan perdagangan sesi pertama, Kamis (20/2) naik 0,11% ke level 5.935. Kenaikan indeks terutama didorong oleh saham-saham di sektor pertambangan yang melaju 1,01%. 

Harga saham PT Adaro Energy Tbk atau ADRO naik 2,3% menjadi Rp 1.225, PT Vale Indonesia Tbk atau INCO menanjak 1,64% menjadi Rp 3.090. dan PT Bukit Asam Tbk atau PTBA melonjak 2,92% menjadi Rp 2.470. 

Sementara itu, indeks sektor aneka industri menjadi penahan laju penguatan IHSG. indeks sektor saham tersebut turun 1,05%. 

Salah satu pemicunya yakni harga saham PT Astra Internasional Tbk atau ASII yang turun 1,2% menjadi Rp 6.175. PT Selamat Sampurna Tbk atau SMS dan PT Uni Charm Indonesia Tbk juga mencatatkan penurunan harga saham masing-masing 1,36% dan 1,88% menjadi Rp 1.450 dan Rp 1.570. 

Advertisement

(Baca: BI Diperkirakan Tahan Suku Bunga Acuan Meski Ada Virus Corona)

Penguatan indeks yang terjadi pada sesi pertama ini sejalan dengan keyakinan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Fed, atas situasi dan kondisi perekonomian saat ini. The Fed memberikan sinyak tidak akan mengubah suku bunga acuan untuk sementara waktu, meski terdapat kekhawatiran dampak virus corona terhadap perekonomian global.

"Namun ekspektasi tetap ada, sejauh kami melihat tahun ini ada potensi setidaknya The Fed akan menurunkan tingkat suku bunga setidaknya satu kali lagi tahun ini," kata Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus dalam risetnya.

Sementara dari dalam negeri, investor juga tengah menunggu hasil rapat dewan gubernur BI terkait kebijakan suku bunga.

(Baca: Rupiah Melemah di Tengah Penantian Suku Bunga BI dan Tiongkok)

Pada perdagangan sesi pertama hari ini, total volume saham yang ditransaksikan sebanyak 3,32 miliar dengan nilai transkasi Rp 2,75 triliun. Meski indeks keseluruhan naik, mayoritas atau 190 saham tercatat turun.

Sementara itu, bursa saham Asia bergerak bervariasi pada perdagangan siang ini. Hingga pukul 12.00 WIB, Nikkei 225 Index dan Shanghai Composite Index masing-masing menguat 0,42% dan 0,64%, sedangkan Hang Seng Index dan Strait Times Index masing-masing turun 0,72% dan 0,49%.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait