Sri Mulyani Pacu Belanja Barang dan Modal pada Awal Tahun Ini

Sri Mulyani memastikan realisasi belanja barang dan modal awal tahun ini akan lebih baik dibanding tahun lalu.
Dimas Jarot Bayu
11 Februari 2020, 19:29
jokowi, sri mulyani, realisasi belanja barang, belanja modaljokowi, sri mulyani, realisasi belanja barang, belanja modal
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat meralisasikan belanja anggaran paling besar pada awal tahun ini.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan para menteri untuk mempercepat belanja anggaran pada awal tahun demi menahan perlambatan ekonomi akibat gejolak global. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun memastikan realisasi belanja barang dan modal awal tahun ini akan lebih baik dibanding tahun lalu. 

"Belanja untuk bidang barang dan belanja di bidang modal mengalami kenaikan, namun tentu ini masih bisa dipacu lebih cepat lagi," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2).

Belanja kementerian/lembaga hingga 30 Januari 2020 tercatat mencapai Rp 30,9 triliun, angka tersebut lebih rendah dibanding tahun lalu Rp 31,98 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp 1,9 triliun untuk belanja modal, Rp 13,2 triliun untuk belanja bantuan sosial, dan Rp 12,5 triliun untuk belanja pegawai.

(Baca: Wabah Corona Ancam Ekonomi RI, Jokowi Minta Menteri Percepat Belanja)

Advertisement

Namun, terdapat realisasi anggaran yang cukup besar di awal bulan ini. Salah satu kementerian yang mencairkan anggaran cukup besar hingga Februari 2020 adalah Kementerian PUPR.  "Itu adalah salah satu indikasi yang bagus," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyebut pencairan belanja dana desa meningkat signifikan di awal tahun ini. Hingga 10 Februari 2020, pemerintah telah mencarikan Rp 530,6 miliar dana desa untuk lebih dari 1490 desa.

"Ini lebih tinggi dibanding tahun lalu bulan Februari yang pencairannya hanya Rp 317 miliar," kata dia.

(Baca: Menkes Bantah Ada Kasus Virus Corona Tak Terdeteksi di Indonesia )

Pencairan dana untuk Program Keluarga Harapan (PKH) sudah mencapai Rp 7 triliun dari pagu anggaran sebesar Rp 29 triliun. Rencananya, Sri Mulyani bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga segera mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) langsung ke rekening sekolah.

Jokowi sebelumnya meminta jajarannya untuk mempercepat belanja anggaran pada awal tahun. Ia bahkan meminta agar sebagian besar realisasi belanja dapat dilakukan hingga Februari 2020. 

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait