Kejaksaan Temukan Dua Nama Baru yang Dicatut Benny Tjokro

Temuan Kejaksaan Agung, terdapat total tujuh nama yang diduga dipakai Benny Tjokrosaputro antara lain untuk menyamarkan transaksi saham dengan Jiwasraya.
Image title
23 Januari 2020, 21:39
Benny Tjokrosaputro, tersangka kasus dugaan korupsi jiwasraya, transaksi saham benny tjokro, dugaan korupsi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro diduga menggunakan sejumlah nama dalam transaksi saham dengan Asuransi Jiwasraya.

Kejaksaan Agung kembali menemukan dua nama yang digunakan tersangka dugaan korupsi Benny Tjoktosaputro untuk melakukan transaksi saham dengan PT Asuransi Jiwasraya. Temuan Kejaksaan Agung, hingga kini terdapat total tujuh nama yang diduga dicatut Benny. 

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono menyebutkan dua nama baru tersebut yakni Agung T dan Dwi Nugroho.  Saat ini, pihaknya masih menggali bukti keterlibatan mereka dalam dugaan korupsi Jiwasraya.

"Dalam pemeriksaan hari ini yang menarik adalah kami memeriksa nomine atau pinjam nama untuk melakukan transaksi saham," kata dia saat ditemui awak media di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Kamis (23/1).

(Baca: Kejaksaan Sebut Tersangka Jiwasraya Sembunyikan Aset di Luar Negeri)

Advertisement

Menurut dia, bukti-bukti dan konstruksi hukum saat ini tengah dipersiapkan untuk kemudian dilimpahkan ke pengadilan. Namun, ia masih enggan membeberkan hasil penyidikan yang dilakukan.

"Penyidikan ini untuk mendapatkan bukti-bukti yang dikaitkan dengan tindak pidana yang disangkakan," kata dia.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menemukan lima nama anak buah Benny yang diduga dipinjam, antara lain untuk transaksi saham dengan Jiwasraya. Dua di antaranya yakni Jennifer Handayani dan Meitawati Widiyana Ningsih merupakan karyawan PT Hanson International Tbk ditemukan menerima investasi saham Jiwasraya dengan nilai masih dirahasiakan.

(Baca: Benny Tjokro Diduga Pakai Nama Anak Buah dalam Investasi Jiwasraya)

Selain itu kejaksaan juga menemukan pola yang sama dalam pengelolaan investasi pribadi Benny. Benny diduga mencatut tiga nama yakni Erda Darmawansanti, Djulia, dan Leonard Lonto untuk mengelola apartemen pribadinya di South Hill, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Dipakai seperti apa itu sudah materi penyidikan nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," kata Hari beberapa waktu sebelumnya.

Tersangka kasus dugaan korupsi Jiwasraya lainnya menggunakan pola yang sama dengan Benny. Namun, Kejaksaan tidak menyebutkan tersangka lain yang juga mencatut nama. Mereka yang namanya digunakan untuk proses transaksi saham dari Jiwasraya yakni Dirut PT Dhana Wibawa Artha Sugianto Budiono, Direktur PT Inti Agri Resources Susan Hidayat dan Suhartanto.

Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait