Jokowi Ingin Indonesia Mencontoh Tom Hanks di Film Cast Away

Jokowi menilai ketidakpastian ekonomi global dapat dihadapi Indonesia dengan mencontoh tiga nilai dari Film Cast Away yang diperankan Tom Hanks.
Dimas Jarot Bayu
29 November 2019, 06:22
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato usai menerima penghargaan Indonesian Mining Association (IMA) Award 2019 di Jakarta, Rabu (20/11/2019). Penghargaan Tertinggi di Bidang Pertambangan diberikan kepada Presiden atas dukungannya terhadap seluruh perta
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia dapat mengambil tiga nilai dari film Cast Away yang diperankan Tom Hanks dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Presiden Joko Widodo menilai saat ini tengah terjadi ketidakpastian ekonomi global yang bisa berdampak buruk ke Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Indonesia perlu menerapkan tiga nilai yang bisa diadaptasi dari film Cast Away yang diperankan Tom Hanks.

Film Cast Away bercerita mengenai Chuck Noland yang terdampar sendirian di pulau tak berpenghuni akibat pesawat yang ditumpanginya jatuh. Ia pun bertahan hidup hingga empat tahun di pulau tersebut.

“Ada tiga nilai yang dapat dijadikan acuan agar tetap eksis di tengah ketidakpastian global. Ini saya melihat tiga nilai bisa kita adaptasi dari film Cast Away. Ini aktornya masih saudara saya, Tom Hanks,” kelakar Jokowi di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Raffles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11).

(Baca: Terjebak Macet saat ke Acara BI, Jokowi: Itulah Kenapa Ibu Kota Pindah)

Advertisement

Pertama, kemampuan bertahan di tengah kesulitan yang menimpa.  Saat ini, Indonesia sudah mampu menujukkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang masih bertahan di kisaran 5%.

Menurut Jokowi, banyak negara lain yang pertumbuhan ekonominya harus melambat akibat ketidakpastian ekonomi global. Bahkan, ada negara yang pertumbuhan ekonominya menjadi negatif.

“Kita tunjukkan kita mampu bertahan di tengah kesulitan,” kata Jokowi.

Kedua, kemampuan Tom Hanks dalam Film Cast Away mencari sumber daya baru untuk bertahan hidup. Menurut Jokowi, Indonesia bisa menerapkan nilai tersebut dengan melakukan hilirisasi komoditas ekspor, seperti nikel, batu bara, dan minyak kelapa sawit mentah atau CPO.

(Baca: Jokowi Sebut Ramalannya Soal ‘Winter Is Coming’ Jadi Kenyataan)

Pemerintah pun akan mendorong pengembangan lima destinasi wisata prioritas, yakni Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, dan Manado. Jokowi menargetkan infrastruktur untuk kelima destinasi wisata prioritas itu bakal selesai pada 2020.

“Kalau sudah selesai, ada calendar of event, creative industry di situ fokus dikerjakan. Setelah itu promosi besar-besaran silakan,” ucap Jokowi.

Ketiga, kemampuan untuk tetap bersikap optimistis yang membuat Tom Hanks dalam Film Cast Away mampu bertahan hingga empat tahun sendiri di sebuah pulau. Menurut Jokowi, jangan sampai ada pihak yang pesimistis saat ada tekanan ketidakpastian global.

Ia menilai sikap pesimistis tak akan mampu memecahkan masalah yang ada. “Jadi jangan ada yang sampaikan wait and see. Kalau mau investasi, investasi saja, karena kita akan perbaiki iklim investasi itu,” kata Jokowi.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait