Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok Diragukan, Rupiah Diramal Melemah

Rupiah diperkirakan akan bergerak melemah pada hari ini akibat ketidakpastian kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok.
Agatha Olivia Victoria
Oleh Agatha Olivia Victoria
12 November 2019, 09:07
rupiah, dolar as
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi. Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar sport hari ini, Selasa (12/11) dibuka menguat 0,07% ke level Rp 14.056 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan di pasar sport hari ini, Selasa (12/11) dibuka menguat 0,07% ke level Rp 14.056 per dolar AS. Namun, rupiah diperkirakan akan  bergerak melemah pada hari ini akibat ketidakpastian kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok.

Mengutip Bloomberg, rupiah hingga pukul 09.05 WIB berada di posisi Rp 14.062 per dolar AS.

Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong mengatakan rupiah cenderung melemah akibat ketidakpastian perang dagang AS dan Tiongkok. "Ketidakpastian adanya isu kesepakatan yang belum tau akan deal atau tidak," kata Lukman kepada

Presiden AS Donald Trump pada akhir pekan lalu menyebut, pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan baik. Namun, AS hanya akan membuat kesepakatan untuk menyelesaikan perang dagang dengan Beijing sepanjang kesepakatan tersebut menguntungkan bagi mereka.

(Baca: Trump Sebut Tiongkok Lebih Butuh Kesepakatan Dagang Dibandingkan AS)

Trump juga mengatakan bahwa pembicaraan negosiasi dagang antara kedua negara lebih lambat dari harapannya. Kendati demikian, menurut Trump, Tiongkok lebih menginginkan kesepakatan ini dibanding AS.

"Saya pikir, pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan dengan sangat baik. Kami akan membuat kesepakatan jika memang ini kesepakatan yang bagus untuk AS dan jika tidak, kami tak akan membuat kesepakatan," ujar Trump, dikutip dari Reuters.

Ia menekankan, Tiongkok sangat menginginkan kesepakatan dagang. Pasalnya, menurut dia, perang dagang membuat Tiongkok mengalami ekonomi yang buruk dalam 57 tahun terakhir.

(Baca: Jokowi Minta Menteri Meniru Trump: 1 Permen Baru untuk Cabut 40 Aturan)

Lukman menilai pasar masih sedikit khawatir dengan pernyataan Trump pekan lalu. "Meski begitu rupiah masih akan di antara Rp 14.050 - 14.100 per dolar AS," ujarnya.

Sementara itu, mata uang Asia bergerak bervariasi pagi ini. Sejumlah mata uang melemah terhadap dolar AS, yakni yen Jepang sebesar 0,09%, dolar Hongkong 0,01%, dolar Singapura 0,01%, rupee India 0,25%, dan yuan Tiongkok 0,25%.

Sementara dolar Taiwan, won Korea Selatan, peso Filipina, ringgit Malaysia, dan baht Thailand menguat masing-masing 0,11%, 0,27%, 0,21%, 0,07%, dan 0,03%.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait