Optimisme Konsumen Melemah pada September, Milenial Paling Pesimistis

Agustiyanti
4 Oktober 2019, 12:29
konsumen, keyakinan konsumen
Ilustrasi. Pelemahan optimisme konsumen terutama terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan dan berusia 20-40 tahun.

Survei konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi melemah pada September 2019. Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh melemahnya keyakinan terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hal ini terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada September 2019 yang menurun dari 123,1 pada bulan sebelumnya menjadi 121,8. Penurunan IKK terutama terjadi pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan dan berusia 20-40 tahun atau masuk dalam kategori generasi milenial.

Berdasarkan survei tersebut, penurunan IKK terutama disebabkan oleh menurunnya indeks kondisi ekonomi saat ini sebesar 2,8 poin mennjadi 107,5 pada September 2019. Penurunan indeks tersebut seiring persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja yang menurun dan keyakinan konsumen membeli barang tahan lama.

(Baca: Faisal Basri Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Capai 5,1%)

Indeks ketersediaan lapangan kerja turun dari 98,5 pada Agustus menjadi 91,9 pada September. Penurunan indeks terjadi hampir pada seluruh respondens, terdalam pada respondens dengan pendidikan minimal pascasarjana dan berusia 31-40 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...