Investor Saham Cemas Ketidakpastian Politik, IHSG Sesi I Anjlok 1,26%

IHSG masih berpotensi bangkit ke zona hijau meski ditutup anjlok pada sesi pertama perdagangan.
Image title
Oleh Ihya Ulum Aldin
24 September 2019, 12:43
ihsg, ihsg melemah, ihsg anjlok
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan sesi pertama anjlok 1,26% ke level 6.128.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi pertama hari ini, Selasa (24/9) ditutup turun 1,26% ke level 6.128,21. IHSG diperkirakan anjlok akibat sentimen negatif kondisi politik di dalam negeri, terutama demonstrasi mahasiswa yang masih berlanjut.

"Sepertinya (IHSG) hari ini, karena faktor demonstrasi dan ketidakpastian politik," kata Analis Royal Investium Sekuritas, Janson Nasrial ketika dihubungi oleh Katadata.co.id pada Selasa (24/9).

Kendati demikian, ia menjelaskan aksi jual investor asing pada sesi pertama perdagangan pasar modal hari ini relatif kecil yakni sebesar Rp 528,17 miliar di seluruh pasar. Hal ini, menurut dia, menunjukkan bahwa investor asing masih menahan investasinya di pasar modal. 

Ia pun memproyeksi IHSG tetap akan bergerak pada jalur hijau pada penutupan perdagangan nanti sore. "Atau besok pagi, Rabu (25/9), IHSG rebound," kata dia. 

(Baca: Darmin Klaim Demonstrasi Mahasiswa Tak Akan Berimbas ke Pasar Keuangan)

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga menilai pelaku pasar sedikit khawatir dengan kondisi di dalam negeri. Pasalya, menurut dia, IHSG turun di tengah bursa-bursa di Asia lainnya yang cenderung bergerak naik. "Mungkin saja karena kondisi dalam negeri," kata Nico kepada Katadata.co.id, Selasa (24/9).

Hingga pukul 11.57 WIB, Nikkei 225 Index bergerak naik 0,19%. Hang Seng Index juga berada di zona hijau dengan naik 0,32%. lalu, Shanghai Composite Index juga tercatat naik 0,77%. Strait Times Index juga tercatat menguat 0,47%.

Saat dibuka, IHSG pada perdagangan hari ini langsung terkoreksi 0,28% menjadi berada di level 6.188,77. Capaian tertinggi IHSG pada perdagangan hari ini yakni berada di level 6.194,59 atau masih berada di zona merah. Sedangkan level terendah IHSG pada perdagangan hari ini yaitu 6.194,59.

(Baca: Hari Ini, Ribuan Mahasiswa Kembali Gelar Demonstrasi di Depan DPR)

Hingga penutupan sesi pertama hari ini, volume perdagangan di bursa sebanyak 7,71 miliar saham, dengan nilai transaksi mencapau Rp 4,02 triliun, dan frekuensi 271.682 kali. Tercatat pula hanya ada 74 perusahaan yang berada di zona hijau, namun ada 323 saham tercatat terkoreksi pada penutupan sesi pertama ini, sedangkan saham yang stagnan ada 105 saham.

Sejak kemarin, sekelompok mahasiswa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Indonesia menggelar demonstrasi menolak diberlakukannya Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan revisi UU KPK. Tak hanya di depan DPR, mereka juga menggelar aksi di beberapa kota besar di Indonesia.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait