Laporan Keuangan Daerah Kini Bisa Diakses Lewat Aplikasi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan aplikasi berbasis android yang dapat mengakses laporan keuangan dari 34 provinsi 542 kabupaten/kota.
Agatha Olivia Victoria
12 September 2019, 14:09
sri mulyani, menteri keuangan, apbd, laporan keuangan
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap akan semakin banyak orang yang melihat dan membaca laporan keuangan negara

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan aplikasi Bagan Akun Standar (BAS) Mobile Online. BAS Mobile Online merupakan aplikasi berbasis android yang dapat mengakses laporan keuangan dari 34 provinsi 542 kabupaten/kota.

 "Ini adalah aplikasi online yang bisa digunakan oleh seluruh stakeholder akuntansi dan pelaporan keuangan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kamis (12/9).

(Baca: Banggar Setuju Dana Transfer Daerah dan Desa Rp 857 T pada RAPBN 2020)

Ia menjelaskan, seluruh informasi tentang laporan keuangan dan anggaran negara sebenarnya sudah diunggah melalui situs. Hanya, masih banyak orang yang mengeluh karena website tersebut tidak mobile friendly.

Melalui aplikasi tersebut, Sri Mulyani berharap akan semakin banyak orang yang melihat dan membaca laporan keuangan negara, terutama daerah. Menurut dia, penyajian informasi akan anggaran, kondisi keuangan, dan laporan keuangan negara menjadi sangat penting agar  masyarakat mengetahui kondisi keuangan negara secara valid.

(Baca: DPR Usul 1% Dana Transfer Daerah untuk Tambal Defisit BPJS Kesehatan)

"Ini merupakan upaya agar masyarakat bisa bedebat dengan data dan tidak lagi bicara tanpa dasar yang valid dan jelas," ucap dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambakan aplikasi ini juga merupakan salah satu langkan membangun Sistem Informasi Keuangan Republik Indonesia (SIKRI). SIKRI merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan sistem keuangan pemerintah pusat dan sistem keuangan pemerintah daerah secara real time.

Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti

Video Pilihan

Artikel Terkait