Jelang Lebaran, Belanja Menengah Atas Melesat ke Level Sebelum Pandemi

Agatha Olivia Victoria
29 April 2021, 14:41
belanja, belanja masyarakat, kelompok menengah atas, belanja kelompok menengah atas
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Ilustrasi. Belanja masyarakat meningkat terutama untuk supermarket, restoran, dan fesyen.

Riset yang dilakukan Mandiri Institute menunjukkan terjadi perbaikan belanja masyarakat pada awal kuartal II 2021 seiring kenaikan mobilitas masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran. Belanja kelompok menengah atas bahkan sudah kembali ke level sebelum pandemi, pertama kali sejak Covid-19 merebak.

"Hal ini terkonfirmasi oleh peningkatan belanja yang cukup tinggi pada awal April untuk beberapa kelompok belanja utama seperti supermarket, restoran, dan fashion," demikian tertulis dalam bahan paparan Mandiri Institute yang diterima Katadata.co.id, Kamis (29/4).

Advertisement

Riset tersebut mencatat, belanja kebutuhan di supermarket relatif stabil sepanjang kuartal I 2021 dan semakin meningkat menjelang Ramadan pada awal kuartal II. Hal serupa terjadi pada belanja restoran. 

Belanja masyarakat terkait kesehatan juga cenderung stabil meski tingkat penularan Covid-19 menurun. Kebutuhan masyarakat akan suplemen, obat obatan, pelayanan, dan alat kesehatan tetap tinggi. Sementara itu, semakin banyak masyarakat yang melakukan tes Covid-19 sebagai syarat melakukan berbagai aktivitas dan mobilitas.

Setelah mengalami tekanan hampir sepanjang 2020, belanja fesyen kembali mengalami perbaikan pada akhir kuartal pertama tahun ini. Kenaikan terus berlanjut pada awal kuartal kedua dan untuk pertama kalinya berada di atas level sebelum pandemi.

Perbaikan tersebut kemungkinan didorong oleh semakin meningkatnya mobilitas dan aktivitas bekerja di kantor. Ini mendorong kenaikan permintaan pakaian dan produk fashion lainnya seperti sepatu dan tas. Kenaikan belanja produk itu terutama berasal dari belanja kelompok masyarakat dengan penghasilan tinggi.

Belanja kelompok masyarakat berpenghasilan tinggi kembali ke level sebelum pandemi. Mandiri Institute menilai Pengendalian Covid-19 dan distribusi vaksin yang cepat akan menjadi kunci untuk mengembalikan keyakinan masyarakat, terutama kelompok menengah atas.

Sementara itu, tingkat penghasilan kelompok berpendapatan rendah perlu terus ditingkatkan untuk menjaga daya beli. Ini terutama diperlukan untuk menghadapi periode musiman bulan Ramadan dan Lebaran ketika masyarakat cenderung lebih banyak berbelanja.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement