Erick Thohir Tunjuk Eks Bos PLN Zulkifli Zaini Jadi Komisaris PTPN III

Image title
11 Desember 2021, 10:04
erick thohir, zulkifli zaini, menteri bumn, PLN, dirut PLN
PLN
Mantan dirut PLN Zulkifli Zaini ditunjuk sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero).

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). Erick pada awal pekan ini mencopot Zulkifli dari posisi Direktur Utama PLN.

Penunjukan Zulkifli dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021 tentang Pengangkatan Komisaris Utama dan Pengangkatan Dewan Komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

Penyerahan Surat Keputusan Menteri BUMN dilakukan Wakil Menteri I BUMN, Pahala Nugraha Mansury, serta dihadiri oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, dan Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Rachman Ferry Isfianto secara hybrid pada Jumat (10/12). Keputusan pengangkatan Zulkifli Zaini dilaksanakan bersama dengan pengangkatan Indrasari Wisnu Wardhana sebagai komisaris PTPN III.

“Pengangkatan ini telah melalui proses fit and poper test, serta telah mendapatkan persetujuan dari tim penilai akhir yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo”, ujar Wakil Menteri I BUMN Pahala Nugraha Mansury dalam siaran pers, Jumat (11/12)

Pahala mengatakan, PTPN III saat ini tengah menjalani transformasi yang  diharapkan membantu mengoptimalkan keuntungan dan keberlanjutan bisnis (going concern) perusahaan. Untuk itu, menurut dia, dibutuhkan pengawalan dan pengawasan yang baik dari jajaran dewan komisaris. 

"Ini khususnya dalam peran PTPN Group untuk mencapai swasembada gula konsumsi," kata Pahala.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Mohammad Abdul Ghani menjelaskan bahwa penetapan jajaran komisaris yang baru diharapkan mampu mengoptimalkan kinerja perusahaan melalui penguatan fungsi pengawasan Dia juga berkomitmen akan memastikan transformasi di Perkebunan Nusantara Group berjalan sesuai dengan target, arah dan rencana strategis perusahaan.

"Perusahaan telah dan akan melakukan sejumlah aksi korporasi agar perusahaan memiliki daya saing yang tinggi ke depannya," kata dia. 

Berikut  susunan lengkap dewan komisaris Holding BUMN Perkebunan yang baru: 

  1.  Zulkifli Zaini sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen
  2. Erwan Pelawi sebagai Komisaris Independen
  3. Amal Bakti Pulungan sebagai Komisaris Independen
  4. Wisto Prihadi sebagai Komisaris Independen
  5. Asep Subarkah Yusuf sebagai Komisaris
  6. Arie Yuriwin sebagai Komisaris
  7. Rini Widyastuti sebagai Komisaris
  8. Indrasari Wisnu Wardhana sebagai Komisaris

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait