Profil 14 Calon Dewan Komisioner OJK Pilihan Jokowi

Image title
23 Maret 2022, 06:30
OJK, calon anggota dewan komisioner OJK, anggota OJK,
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Komisi XI DPR akan menyelenggarkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon anggota DK OJK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menunjukan 14 nama calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) untuk periode 2022-2027. Nama-nama ini akan diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengikuti tahap uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Berdasarkan informasi dari sumber  Katadata.co.id, Jokowi telah menggugurkan tujuh nama untuk masing-masing posisi sehingga tersisa 14 nama. Selain itu, Jokowi juga mengubah posisi salah satu calon anggota dewan komisioner, yakni Hoesen yang semula diposisikan untuk pengawas Pasar Modal menjadi pengawas Industri Keuangan Nonbank (IKNB).

Berikut daftar nama calon anggota dewan komisioner OJK pilihan Jokowi, beserta profilnya :

  1. Calon Ketua merangkap Anggota
    • Mahendra Siregar

    Saat ini menjabat sebagai wakil menteri luar negeri. Mahendra juga pernah menjadi wakil menteri perdagangan, wakil menteri keuangan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dan duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat. 

    • Darwin Cyril Noerhadi

    Saat ini menjabat sebagai dewan pengawas Lembaga Pengelola Investasi. Ia juga pernah menjadi komisaris utama Creador Indonesia, komisaris  PT Medikaloka Hermina Tbk, komisaris utama Mandiri Sekuritas, serta direktur utama Bursa Efek Jakarta

  2. Calon Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap Anggota 
    • Mirza Adityaswara

    Saat ini menjabat sebagai direktur utama Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI).  Ekonom ini pernah menjadi deputi gubernur senior Bank Indonesia dan kepala eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan.

    • Mohamad Fauzi Maulana Ichsan

    Saat ini menjabat sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen PT Bahana Pembinaan Usaha (Persero) atau Indonesia Financial Group (IFG). Fauzi juga pernah menjabat sebagai kepala eksekutif LPS dan bekerja di Standard Chartered sebagai ekonom. 

  3. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota
    • Dian Ediana Rae

    Mantan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) 2020-2021. Ia  sebelumnya menjabat sebagai wakil kepala PPATK pada 2016-2020 hingga ditunjuk menggantikan KI Agus Badaruddin yang meninggal pada 14 Maret 2020.  Sebelum berkarier di PPATK, Dian berkarier di Bank Indonesia dan pernah menjabat sebagai kepala Kantor Perwakilan BI untuk Eropa di London dan direktur departemen internasional.  

    • Ogi Prastomiyono

    Saat ini menjabat sebagai direktur kepatuhan dan SDM Bank Mandiri sejak 2008. Ia juga pernah menjadi direktur kepatuhan Bank Syariah Mandiri dan Kepala Riset dan Pengambangan Bank Ekspor Impor.

  4. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota 

    • Inarno Djajadi

    Saat ini menjabat sebagai direktur utama PT Bursa Efek Indonesia. Sebelum menjadi direktur utama, ia sempat menjadi komisaris di BEI. Inarno juga pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris CIMB Sekuritas.

    • Doddy Zulverdi

    Saat ini menjabat sebagai kepala departemen internasional Bank Indonesia. Doddy menghabiskan kariernya selama ini di Bank Indonesia dan pernah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan calon deputi gubernur BI pada 2018.

  5. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (IKNB) merangkap Anggota
    •  Hoesen

    Calon incumbent. Saat ini menjabat sebagai kepala eksekutif pengawas pasar modal. Ia pernah menjadi direktur utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia, direktur penilaian perusahaan PT Bursa Efek Indonesia, dan direktur PT Danareksa.  

    • Pantro Pander Silitonga

    Saat ini menjabat sebagai komisaris utama Asuransi Jiwa IFG, perusahaan yang dibentuk pemerintah untuk menyelesaikan masalah Asuransi Jiwasraya. Pantro pernah menjabat sebagai Vice President 4G LTE di XL Aziata, Direktur Bisnis PT Bahana Pembina Usaha Indonesia, dan Chief Transformation Officer Bank Mandiri.

  6.  Calon Ketua Dewan Audit merangkap Anggota
    • Hidayat Prabowo

    Saat ini menjabat sebagai deputi komisioner OJK bidang internal audit, pengendalian kualitas, dan anti-fraud. Sebelum menjabat sebagai deputi komisioner, Hidayat menjabat sebagai direktur penilaian kualitas OJK. Ia juga pernah menjadi senior vice president di bidang audit di Bank Mandiri dan asisten SVP di Bank Ekspor Impor. 

    • Sophia Issabella Watimena

    Saat ini menjabat sebagai executive advisor PT Indonesia Asahan Aluminium. Ia memiliki pengalaman di sejumlah perusahaan infrastruktur dan logistik. Sophia pernah menjadi direktur keuangan dan SDM PT Indonesia Kendaraan Terminal, direktur operasional dan keuangan PT Pelabuhan Indonesia Investama, dan senior vice president PT Indonesia Infrastructure Finance

  7.  Calon Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen 
    • Friderica Widyasari Dewi

    Saat Ini menjabat sebagai direktur utama BRI Danareksa Sekuritas. Ia menghabiskan kariernya selama ini di bidang pasar modal. Ferderica pernah menjadi direktur utama Kustodian Sentral Efek Indonesia dan direktur Bursa Efek Indonesia.

    • Hariyadi

    Saat ini menjabat sebagai staf ahli dewan gubernur Bank Indonesia. Ia juga pernah menjabat sebagai direktur pengelolaan moneter dan direktur pengelolaan devisa BI.

    Pada proses pendaftaran yang digelar 7-25 Januari 2022, terdapat 526 orang yang mengajukan diri dan 263 di antaranya telah menyelesaikan pendaftaran atau mengisi kelengkapan datanya. Setelah melalui empat tahap seleksi, Pansel menunjuk 21 nama pada awal bulan ini yang kemudian diserahkan kepada presiden, dengan masing-masing tiga nama untuk setiap posisi.

"Selanjutnya Komisi XI DPR RI akan memilih tujuh nama sebagai Ketua dan Anggota Komisioner OJK," kata sumber tersebut.

Reporter: Abdul Azis Said
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait