Cerita Sri Mulyani Sempat Tertular Covid-19 Saat Kunjungan ke Amerika

Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat tertular Covid-19 saat melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan musim semi IMF-Bank Dunia.
Image title
10 Mei 2022, 08:33
sri mulyani, covid-19, karantina, amerika serikat
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/rwa.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menjalani karantina di Amerika Serikat karena tertular Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sempat tertular Covid-19 dan harus menjalani karantina di akhir kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat akhir bulan lalu. Ia bersama rombongan terbang ke negeri paman sam untuk menghadiri sejumlah agenda, mulai dari Pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia hingga pertemuan kedua Jalur Keuangan G20 Presidensi Indonesia.

Melalui akun instagram pribadinya @smindrawati, bendahara negara itu mengatakan, terpapar Covid-19 karena menghadiri 47 pertemuan fisik yang sering dilakukan tanpa masker. Ini karena memang aturan di Amerika sudah mengizinkan melepas masker.

"Juga di tengah cuaca musim semi yang relatif masih dingin dan hujan serta dalam kondisi puasa, saya akhirnya tertular Covid-19," ujar Sri Mulyani, Senin (9/5).

Meski demikian, ia memastikan gejala yang dialami saat positif Covid-19 terbilang ringan karena sudah memperoleh vaksin lengkap ditambah booster. Gejala yang muncul, yakni sedikit batuk, pilek, dan sakit kepala selama beberapa hari.

Advertisement

Lantaran bergejala ringan, Sri Mulyani mengikuti aturan setempat untuk karantina mandiri di hotel. Ia mengisi waktunya selama masa karantina dengan membaca buku autobiografi petenis juara dunia Rafael Nadal "RAFA-My Story".

Menurutnya, cerita Rafael sangat inspiratif dan menambah perspektif hidup soal bagaimana mental juara digembleng. Selain itu, ia juga belajar soal pentingnya peran keluarga dalam membentuk petenis tersebut menjadi sosok yang baik, rendah hati, dan ulet.

"Buku "RAFA" menjadi teman yang menambah semangat saya untuk pulih kembali," ujarnya.

Sri Mulyani dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani karantina singkat. Ia pun dapat kembali ke Indonesia dan merayakan lebaran tahun ini bersama keluarga besarnya di Semarang.

Ia juga sempat memberikan sejumlah momen lebaran bersama keluarga besarnya di Semarang. Sri Mulyani mudik bersama lebih dari 20 anggota keluarga besarnya melalui kereta api Jakarta-Semarang. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga membagikan momen hari-hari lebaran yang diisi dengan ziarah kubur, karaoke bersama, hingga makan sejumlah makanan tradisional.

Dengan pengalamannya yang sempat terpapar Covid-19, Sri Mulyani kembali mengingatkan masyarakat untuk disiplin mengikuti jadwal vaksinasi sesuai anjuran pemerintah. Hal ini untuk memastikan keamanan diri sendiri dan keluarga.

"Bila anda sehat, kegiatan masyarakat akan normal kembali, ekonomi akan pulih dan keuangan negara juga akan menjadi sehat lagi," ujar Sri Mulyani.

Pasien positif Covid-19 bertambah 254 orang per 9 Mei 2022. Dengan tambahan tersebut, saat ini total kasus Covid-19 di Indonesia telah mencapai 6.048.685.

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait