Resep Rahasia di Balik Para Pengusaha Sukses

Matthew
Oleh Matthew Buckland
9 September 2018, 09:00
Matthew
Ilustrator: Betaria Sarulina

Apakah saya seorang pengusaha? Itulah pertanyaan yang paling sering diajukan orang kepada saya. Ini pertanyaan tepat untuk mengawali kolom tulisan tentang kewirausahaan, modal ventura, dan usaha rintisan (startup) – sektor ekonomi yang sedang booming.

Walaupun ada tantangan ekonomi dan politik di Afrika Selatan, dunia start-up paralel dengan nuansa optimisme, inovasi, penciptaan lapangan kerja, kreativitas, dan peningkatan kekayaan.

Saat kita berada dalam keterpurukan, hal yang kontras terjadi di bisnis start-up di Afrika Selatan, yang terus menghadirkan berita positif mengenai adanya aliran dana masuk, start-up yang mendapatkan dana, dan para pengusaha yang meninggalkan bisnis mereka.

Menjadi pengusaha secara otomatis menjadikan Anda seorang yang optimistik: Anda yakin usaha atau ide Anda akan menjadi besar. Pengusaha, terutama pengusaha start-up, memiliki dosis optimisme yang sangat tinggi.

Selera, ukuran, usia, dan kepribadian beragam

Namun, para pendiri bisnis bukanlah rombongan orang yang setipe. Mereka memiliki beragam selera, ukuran, usia, latar belakang, dan kepribadian. Mereka bisa jadi seorang yang introvert, ekstrovert, konservatif ataupun flamboyan.

Pengusaha muda bisa membuang sikap kehati-hatian dan menggeluti bisnis start-up dengan segudang optimisme tanpa khawatir. Sedangkan pengusaha kawakan menggunakan tabungan modal, pengalaman, dan jaringan yang luas supaya usaha mereka maju.

Pengusaha kaya bisa meningkatkan modal, pengusaha yang kurang kaya menggantikan modal dengan hasrat dan kecerdikan.

Ada juga pengusaha korporasi, yang keluar dari tipologi pengusaha Silicon Valley. Beberapa dari mereka mengambil risiko untuk menciptakan bisnis skala besar dengan dukungan mesin korporasi dan modal di belakang mereka.

Tiga Jenis Pengusaha

Sebuah kerangka kerja untuk memahami tipe-tipe pengusaha diciptakan oleh Endeavor, organisasi yang berpusat di New York, yang terhubung dengan pendiri Linkedin, Reid Hoffman.

Endeavor adalah organisasi inkubator internasional yang menyeleksi, membimbing, dan mempercepat pembentukan pengusaha unggul di seluruh dunia. Organisasi ini memiliki cabang di Afrika Selatan yang sudah menghasilkan sejumlah pengusaha sukses melalui sistem pendidikan selama bertahun-tahun.

Endeavor mencirikan empat jenis pengusaha: roket, pengubah (transformer), berlian (diamond), dan bintang (star).

Pengusaha jenis roket adalah pemikir yang strategis yang tak kenal lelah berfokus pada efisiensi dan membuat segalanya lebih murah, lebih cepat, dan lebih baik. Mereka kerap kali menjadi ‘minnovator’ yang menerapkan atau mengadaptasi model bisnis yang telah terbukti untuk mengisi celah pasar.

Bisnis mereka memiliki model pendapatan yang jelas dan siap untuk menghasilkan pertumbuhan eksponensial. Salah satu contohnya Jeff Bezos dari Amazon.

Pertanyaan kunci untuk pengusaha jenis ini: Dapatkah mereka atau usahanya berjalan dengan sempurna untuk mempertahankan pertumbuhan?

Pengusaha jenis transformer adalah pemimpin ambisius yang mengoperasikan bisnis yang mapan dalam industri tradisional yang ingin mencapai tingkat pertumbuhan berikutnya melalui inovasi dan diferensiasi.

Halaman:
Matthew
Matthew Buckland
Entrepreneur dan Pendiri Burn Media Group (Ventureburn.com)

Catatan Redaksi:
Katadata.co.id menerima tulisan opini dari akademisi, pekerja profesional, pengamat, ahli/pakar, tokoh masyarakat, dan pekerja pemerintah. Kriteria tulisan adalah maksimum 1.000 kata dan tidak sedang dikirim atau sudah tayang di media lain. Kirim tulisan ke [email protected] disertai dengan CV ringkas dan foto diri.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...