Positif Corona RI 5.516 Orang, Rekor Tambahan 102 Pasien Sembuh

Ada tambahan kasus positif corona hingga Kamis (16/4) sebanyak 380 orang
Ameidyo Daud Nasution
16 April 2020, 16:36
virus corona, covid-19, pasien corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Alat tes swab virus corona di Laboratorium Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Hingga Kamis (16/4), sudah ada 5.516 kasus positif corona di Indonesia.

Pemerintah mengumumkan masih adanya tambahan kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia sebanyak 380 orang pada Kamis (16/4). Dengan demikian, jumlah pasien yang telah terinfeksi corona di Indonesia secara akumulatif sebanyak 5.516 pasien.

Meski kasus positif bertambah, namun ada 120 orang pasien yang dinyatakan sembuh atau terbanyak secara harian sejak corona mewabah di Tanah Air. Total ada 548 orang di RI yang telah pulih dari pandemi tersebut.

Angka ini didapatkan dari deteksi corona terhadap 39.706 spesimen dengan metode polymerase chain reaction (PCR) kepada 34.975 orang. "Hasil positif 5.516 (kasus positif corona) akumulasi sampai dengan sekarang. Hasil negatif 29.459," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (16/4).

(Baca: Pakar Duga Kematian Akibat Corona di RI Lebih Besar dari Laporan Resmi)

Yurianto juga menyebutkan secara total angka kematian akibat corona di RI bertambah 27 menjadi 496 orang.  Selain itu, ia menyebutkan ada 169.446 orang yang masuk kategori dalam pemantauan (ODP) dan 11.873 orang yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

Dia lantas meminta agar masyarakat dapat terus meningkatkan imunitas diri dengan memakan makanan bergizi dan istirahat yang cukup. Selain itu, ia meminta warga tidak panik dan menjaga kegembiraan di dalam keluarga.

Advertisement

Yurianto lalu mengimbau masyarakat tetap berada di dalam rumah. Selain itu dia berharap tak ada diskriminasi pasien yang pernah menderita corona. "Tak boleh kita menolak jenazah Covid-19. Buktikan bahwa ini adalah bukti nilai-nilai kemanusiaan kita. Kekompakan mutlak dibutuhkan dan ini sedang diuji di bangsa kita," kata Yurianto.

(Baca: Cegah Corona Menyebar, Menkes Terawan Setujui PSBB Kota Makassar)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait