Setop Dana WHO di Tengah Corona, Trump Tuai Kecaman Internasional

Ameidyo Daud Nasution
15 April 2020, 22:50
Trump, amerika serikat, WHO, virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Joshua Roberts/aww/cf
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam sebuah sesi konferensi pers di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, Sabtu (4/4/2020). Keputusan Trump untuk menghentikan dana ke WHO menuai kritik dunia internasional.

Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menghentikan dana bagi organisasi kesehatan dunia (WHO) menuai kecaman dunia internasional. Mereka mengkritik keputusan Trump ketika seharusnya semua pihak saling membantu di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan saat ini bukan waktu yang tepat untuk memangkas kemampuan operasional WHO. Dia mengatakan sekarang adalah waktunya komunitas internasional untuk memperkuat kerja sama.

Advertisement

“Untuk (menunjukkan) solidaritas dalam menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan,” kata Guterres dilansir dari Reuters, Rabu (15/4).

(Baca: Kasus Positif Corona AS Capai 600 Ribu, Trump Setop Beri Dana ke WHO)

Jerman juga mengatakan kerja sama melawan Covid-19 dengan memperkuat WHO harus terus dilakukan. Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan dengan kemampuan finansial mumpuni, organisasi tersebut bisa membantu pengembangan vaksin corona.

“Menyalahkan tidak (akan) membantu. Virus tidak mengenal batas,” kata Maas dalam akun Twitternya.

Dukungan terhadap WHO juga disampaikan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Dia menyatakan organisasi tersebut bisa diandalkan dalam memberikan informasi dan saran kepada banyak negara terutama saat Covid-19 melanda. “Kami akan terus mendukung dan memberi kontribusi (kepada WHO),” kata Ardern.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement