Rekor 337 Kasus Baru dalam Sehari, Positif Corona RI Capai 3.293 Orang

Ada tambahan 337 kasus baru Covid-19 di Indonesia.
Ameidyo Daud Nasution
9 April 2020, 16:03
virus corona, covid-19, pasien corona
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Dua orang dokter berdiri di depan salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Hingga Kamis (9/4), ada 3.293 kasus positif Covid-19 di Indonesia

Pemerintah mencatat adanya rekor kenaikan angka kasus positif virus corona Covid-19 pada hari Kamis (9/4). Ada tambahan 337 kasus baru infeksi corona sehingga total 3.293 orang di Indonesia terkena virus ini.

Angka ini merupakan kenaikan kasus baru tertinggi sejak pertama kali diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2 Maret lalu. Selain itu ada tambahan 30 pasien yang telah sembuh sehingga total 252 orang telah pulih dari penyakit ini.

Begitu pula angka kematian yang terus bertambah menjadi 280 orang pada hari ini. “Gambaran ini menyedihkan buat kita karena penyebaran terus berlangsung,” kata juru bicara nasional penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (9/4).

(Baca: Kasus Corona Dunia Tembus 1,5 Juta, Jumlahnya Berpotensi Terus Meledak)

Advertisement

Yurianto menjelaskan tambahan pasien ini adalah refleksi kondisi pencegahan virus di tengah masyarakat pada pekan lalu. Ini karena rata-rata angka inkubasi corona mencapai 5 sampai 6 hari.

“Dengan kita memakai masker, akan terlihat apakah minggu depan (pertumbuhan kasus turun dengan) kepatuhan yang berjalan,” katanya.

Dia Kembali meminta masyarakat sadar dan patuh akan bahaya pandemi ini. Caranya dengan mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan patuh atas imbauan pemerintah agar tidak bepergian saat ini.

“Laksanakan (kegiatan) di rumah, bukan (hanya) menjaga dari Covid-19 tapi juga untuk memberantas sarang nyamuk,” kata Yurianto.

(Baca: Tiga Kelompok Masyarakat yang Potensial Jadi Sumber Penularan Corona)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait