Jakarta dan Sumut Dominasi Tambahan Kasus Positif Virus Corona di RI

Ada tambahan 101 kasus baru Covid-19 di Jakarta
Dimas Jarot Bayu
8 April 2020, 16:53
jakarta, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Ada 101 kasus baru virus corona Covid-19 di Jakarta pada hari ini.

Provinsi DKI Jakarta masih mendominasi tambahan kasus positif terinfeksi virus corona Covid-19 sebanyak 218 orang pada Rabu (8/4). Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ada 101 pasien baru corona yang ada di Ibu Kota.

Penambahan kasus positif corona terbanyak kedua berada di Sumatera Utara, yakni 33 orang. Posisi ketiga ditempati oleh Jawa Barat dengan penambahan kasus baru sebesar 22 orang.

“Diharapkan (masyarakat) tidak melakukan perjalanan apapun,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (7/4).

(Baca: Tambahan 218 Kasus, Angka Positif Corona RI Dekati 3.000 Orang)

Advertisement

Lalu, ada tambahan 18 kasus baru di Banten, 12 kasus baru di Papua Barat, dan tujuh kasus baru di Jawa Tengah. Gugus Tugas juga mencatat adanya enam kasus baru di Bali. Berikutnya, empat kasus baru masing-masing berada di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan di Lampung, ada kenaikan tiga kasus positif corona.

Penambahan dua kasus positif corona terdapat di Jawa Timur dan Maluku. Selain itu ada satu kasus positif corona baru yang masing-masing berada di Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Maluku Utara. 

Secara total, ada 32 provinsi yang telah terpapar corona hingga saat ini. Adapun, dua provinsi yang belum terjangkit virus tersebut adalah Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur.

Selain kasus baru, pemerintah juga mencatat tambahan 19 pasien yang meninggal dunia akibat virus corona pada hari ini. Secara rinci, ada delapan pasien yang meninggal di Jakarta, enam pasien di Jawa Barat, empat pasien di Yogyakarta, dan satu pasien di Sulawesi Utara.
 "Sehingga total (kasus kematian akibat corona) menjadi 240 kasus," kata Yurianto.

Lebih lanjut, Yurianto menyatakan ada 18 pasien terinfeksi virus corona yang telah dinyatakan sembuh. Tambahan lima orang pasien yang sembuh masing-masing berasal dari Yogyakarta, Jakarta, dan Jawa Timur.

Kemudian, ada tambahan tiga pasien yang telah dinyatakan sembuh di Kalimantan Timur. "Sehingga total (pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona) menjadi 222 kasus," kata Yurianto.

(Baca: PSBB di Jawa Barat Masih Terganjal Data dari Bogor, Depok dan Bekasi)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait