Enam Kandidat Vaksin Virus Corona Sedang Dikembangkan, Ini Daftarnya

Ameidyo Daud Nasution
1 April 2020, 13:18
vaksin, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/China Daily
Seorang petugas medis menyiapkan obat tradisional untuk pasien dengan virus korona di sebuah apotek Rumah Sakit Tongji Wuhan, Tiongkok, Senin (2/3/2020). Hingga awal April, sudah ada 6 kandidat vaksin Covid-19 yang akan uji coba.

Berbagai negara dan perusahaan berpacu dengan waktu untuk mengembangkan vaksin virus corona Covid-19. Ini lantaran penularan penyakit tersebut cepat terjadi dan hingga saat ini belum ada obat mujarabnya. 

Badan kesehatan dunia (WHO) sebelumnya juga sempat mengatakan paling tidak ada 20 vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan hingga Maret lalu. "Kecepatan pengembangannya sangat dramatis," kata pejabat WHO Dr Maria van Kerkhove beberapa waktu lalu dikutip dari CNBC, Rabu (1/4).

Advertisement

(Baca: Negara di Eropa Kembalikan Ribuan Alat Kesehatan Corona dari Tiongkok)

Selain itu vaksin diperlukan bagi para tenaga medis yang berjibaku di garis depan melawan Covid-19. Dilansir dari kantor berita Australia yakni ABC News, ini enam vaksin yang siap dan tengah memasuki masa uji coba:

1. mRNA-1273

Vaksin yang memasuki tahap uji coba ini menjadi andalan Amerika Serikat (AS). Dikembangkan oleh perusahaan farmasi Moderna Therapeutics dan didukung oleh National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID).  Proses uji coba antivirus ini tak melewati percobaan pada hewan, namun langsung ke tubuh manusia.

Namun informasi terakhir, mereka menghentikan sementara uji coba pada manusia karena kekhawatiran penyebaran virus corona. Meski demikian, Moderna siap melanjutkan lagi proses apabila situasi telah terkendali.

2.  Ad5-nCoV

Antivirus ini dikembangkan oleh perusahaan Tiongkok yakni CanSino Biologics dan Beijing Institute of Biotech. Fase pertama uji coba pada manusia sudah mulai dilakukan di Hubei, tempat virus corona muncul.

Meski demikian, mereka baru akan menyelesaikan uji coba awal antivirus ini pada Desember mendatang. Sedangkan proses keseluruhan percobaan baru akan rampung tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement