Menjalar ke 32 Provinsi, Pandemi Corona Belum Sentuh Dua Provinsi

Kasus terbaru positif corona terjadi di Provinsi Bengkulu.
Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2020, 20:19
virus corona, covid-19, provinsi
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan disinfektan di, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (31/3/2020). Hingga Selasa (31/3), virus corona Covid-19 telah menyebar ke 32 provinsi.

Pemerintah merilis jumlah daerah yang menjadi lokasi penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia hingga Selasa (31/3). Total ada 32 provinsi telah terkena pandemi ini sehingga tinggal Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Gorontalo saja yang belum memiliki kasus positif.

Provinsi terbaru yang masuk daftar terbaru hari ini adalah Bengkulu dengan jumlah satu orang pasien. Sedangkan tambahan terbanyak berada di Provinsi DKI Jakarta yakni 41 kasus.

“Beberapa daerah melawan (penyebaran corona) dengan berbagai inovasi termasuk mengawasi mobilitas penduduk,” kata juru bicara nasional penanganan corona Achmad Yurianto di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Selasa (31/3).

(Baca: Pandemi Corona Masih Normal, Jokowi Belum Terapkan Darurat Sipil)

Advertisement

Secara peringkat, kasus corona DKI menjadi yang terbanyak di Tanah Air dengan jumlah 747 kasus. Di bawahnya ada Jawa Barat dengan 198 kasus dan Banten yakni 142 kasus.  

Jumlah kasus di Jawa Timur dan Jawa Barat sama yakni masing-masing 93 kasus. Di bawah dua provinsi tersebut ada Sulawesi Selatan sebanyak 50 pasien positif covid-19. Selain itu ada pula 28 kasus yang lokasinya masih dalam proses verifikasi petugas.

Yurianto mengatakan sebanyak tujuh provinsi dan 41 kabupaten serta kotamadya telah menetapkan status siaga darurat Covid-19. Sedangkan 16 provinsi dan 86 kabupaten beserta kotamadya sudah membentuk gugus tugas penanganan virus corona di wilayahnya masing-masing.

“Oleh sebab itu mari kita secara konsisten putus penularan,” kata Yurianto.

Sedangkan total kasus positif Covid-19 hingga hari Selasa (31/3) mencapai 1.528 orang. Ada 81 pasien telah pulih dari pandemi ini dan 136 lain meninggal dunia.

(Baca: Pasien Virus Corona RI Bertambah Lagi jadi 1.528 Orang, 136 Meninggal )

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait