Alumni UI Buat Tiga Skenario Corona RI, Paling Cepat Berlalu Akhir Mei

Ameidyo Daud Nasution
31 Maret 2020, 18:59
UI, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/wsj.
Petugas kepolisian melakukan sosialisasi sambil menyemprotkan cairan disinfekta di jalan Raya Waru, perbatasan Surabaya - Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020). Alumni Matematika UI (31/3) membuat tiga prediksi skenario pandemi corona di RI.

Berbagai model prediksi penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia disiapkan berbagai pihak. Kali ini Ikatan Alumni Departemen Matematika Universitas Indonesia membuat tiga model skenario pandemi tersebut di Tanah Air.

Tim tersebut terdiri dari Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M Rustijono. Mereka menggunakan model SIRU (Suspectible, Infected, Reported, Unreported) dan pernah digunakan dalam penelitian serupa di Tiongkok.

Advertisement

Model ini merujuk penelitian berjudul Predicting the cumulative number of cases for the COVID-19 epidemic in China from early data yang dikeluarkan 23 Februari lalu. Sedangkan data kasus corona RI didapat dari laman kawalcovid19.id  tanggal 2 hingga 2 Maret 2020.

Jika menggunakan skenario tiga yakni kebijakan tegas (strict intervention), virus corona di Indonesia paling cepat akan berakhir pada akhir Mei hingga awal Juni 2020. Sedangkan jumlah kasus positifnya diprediksi mencapai 17 ribu orang.

“Model ini sangat dinamis sehingga bergantung juga pada kebijakan pemerintah ke depannya,” tulis mereka, Selasa (31/3). Dalam skenario tiga, puncak pandemi diramalkan terjadi tanggal 16 April.

(Baca: Pandemi Corona Masih Normal, Jokowi Belum Terapkan Darurat Sipil)

Dalam skenario dua yakni medium intervention, penyebaran virus corona baru akan berakhir akhir Juni atau awal juli dengan jumlah 60 ribu kasus. Puncak pandemi diprediksi tiba tanggal 2 Mei dengan 1.490 kasus baru.

Sedangkan dalam skenario satu atau tanpa penanganan pemerintah, penyebaran Covid-19 baru usai akhir Agustus atau awal September dengan ratusan ribu kasus. Puncak pandemi diramal terjadi tanggal 4 Juni yakni 11.318 kasus baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement