Pasien Meninggal Dunia Akibat Virus Corona Melonjak Jadi 78 Orang

Dimas Jarot Bayu
26 Maret 2020, 17:19
virus corona, pasien corona, pasien meninggal
ANTARA FOTO/Fauzan
Ruangan isolasi di RSUD Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020). Jumlah kasus virus corona yang meninggal hingga Kamis (26/3) bertambah 20 jadi 58

Pemerintah mengumumkan tambahan 20 pasien meninggal dunia akibat virus corona pada Kamis (26/3). Dengan demikian, jumlah pasien yang meninggal dunia akibat virus Covid-19 itu melonjak jadi 78 orang.

Ini sekaligus menjadi kenaikan tertinggi jumlah pasien corona yang meninggal. Kasus kematian cukup tinggi yang sebelumnya diumumkan pemerintah adalah 12 orang pada 18 Maret 2020 dan 10 orang pada 22 Maret 2020.

"Kasus kematian ada penambahan 20 kasus sehingga total 78 orang," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (26/3).

(Baca: Kasus Corona di RI Melonjak: Positif 893 Pasien, Meninggal 78 Orang)

Berdasarkan data yang dimiliki Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, tambahan penderita corona yang meninggal dunia terbanyak berasal dari Provinsi DKI Jakarta, yakni 15 orang. Dengan demikian, total pasien yang meninggal dunia di Ibu Kota mencapai 46 orang atau 58,97% dari keseluruhan kasus kematian di Indonesia.

Selain DKI Jakarta, ada tambahan satu pasien meninggal dunia terinfeksi virus corona di Jawa Barat. Sehingga ada 11 kasus kematian akibat corona di provinsi tersebut.

Kemudian, tambahan korban meninggal dunia akibat virus corona ditemukan di Jawa Tengah sebanyak 2 orang. Total pasien penderita corona yang meninggal di Jawa Tengah saat ini sebanyak 6 orang.

Ada pula penambahan 2 pasien penderita corona yang meninggal di Jawa Timur. Alhasil, jumlah korban meninggal dunia akibat corona di provinsi tersebut menjadi 3 orang.

Selain di empat provinsi tersebut, korban meninggal dunia akibat virus corona juga terdapat di Bali (2), Banten (4), Yogyakarta (2), Kepulauan Riau (1), Sumatera Selatan (1), Sumatera Utara (1), dan Sulawesi Selatan (1). Hanya saja, tidak ada penambahan kasus kematian baru di berbagai provinsi tersebut.

Di sisi lain, pemerintah mencatat tambahan empat pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona. "Sehingga jumlah kasus sembuh ada 35 orang," kata Yurianto.

Pemerintah menyatakan ada 103 kasus baru yang terinfeksi corona di Indonesia pada hari ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 kasus tambahan berasal dari Jakarta.

(Baca: Meningkat 53 Pasien, Jakarta Masih Dominasi Kasus Positif Corona di RI)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...