Startup hingga Selebriti Galang Donasi untuk Tangani Dampak Corona

Tujuannya mulai dari membantu penyediaan alat kesehatan sampai menolong pekerja sektor informal.
Ameidyo Daud Nasution
24 Maret 2020, 06:20
startup, virus corona, donasi
Katadata
Platform digital bagi pengusaha warung makanan yakni Wahyoo bersama Youtuber Edho Zell menggalang dana demi mengurangi dampak virus corona.

Semakin meluasnya dampak dari penyebaran virus corona Covid-19 membuat perusahaan rintisan (startup), Youtuber, hingga selebriti mulai menggalang dana. Tujuannya beragam, mulai dari membantu penyediaan alat kesehatan sampai menolong pekerja sektor informal.

Salah satunya adalah platform digital bagi pengusaha warung makanan yakni Wahyoo. Mereka menggalang dana lewat Kitabisa.com untuk membantu mitranya yakni pengusaha warung makan kecil.

Founder and CEO Wahyoo Peter Shearer mengatakan ide ini dilakukan guna mengurangi kerugian mitra warteg yang anjlok omzetnya hingga 50% karena corona. Di sisi lain, ia ingin membantu pekerja sektor informal yang terpaksa mencari sesuap nasi di luar rumah di tengah ancaman pandemi ini.

“Jadi kami ingin menghubungkan ini, warung ada pemesan dan mereka (pekerja informal) bisa makan tanpa keluar rumah,” kata Peter kepada Katadata.co.id, Senin (24/3).

Advertisement

(Baca: Ramai Penggalangan Donasi Corona, Ini Tips Agar Tak Salah Sasaran)

Wahyoo lalu berkolaborasi dengan influencer Edho Zell untuk menggalang donasi berjudul Rantanghati di Kitabisa. Targetnya mereka bisa membantu 500 kepala keluarga pekerja informal sekaligus membuat dapur mitra kembali mengepul.

“Kami akan memilih 10 warung, masing-masing menyediakan untuk 50 keluarga di sekitar mereka,” kata Peter.

Hingga Senin (23/3) malam, kolaborasi Wahyo dan Edho Zell itu telah berhasil mengumpulkan sumbangan Rp 46,9 juta. Targetnya mereka dapat menggalang dana Rp 350 juta dalam 14 hari untuk disalurkan kepada warung yang akan memasak. “Nanti akan diantar mitra kami ke keluarga yang memerlukan,” ujar Peter.

Penggalangan dana lewat Kitabisa juga dilakukan pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Mereka mengumpulkan donasi untuk membeli peralatan bagi petugas medis yang berjuang menangani virus corona.

Selain itu sumbangan juga akan diberikan kepada pekerja seperti tukang sapu, driver ojek online, hingga pemulung. Saat ini jumlah uang yang terkumpul mencapai Rp 941 juta dari target pasangan tersebut yakni Rp 1 miliar. “Dengan bantuan itu jadi mengurangi risiko mereka terkena virus corona,” tulis Raffi di laman Kitabisa.com.

(Baca: Grup Astra Bantu Aneka Alat Penanganan Corona Senilai Rp 63 Miliar)

Bahkan penggalangan dana di Kitabisa juga dilakukan aktris Andrea Dian yang baru saja positif terjangkit corona. Motivasinya juga sama dengan Raffi, yakni menyediakan peralatan medis dan membantu masyarakat yang harus bekerja di luar.

“Melalui pesan ini, aku ingin kalian semua bisa aware dan melakukan tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar,” tulis Andrea.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait