Minta Masyarakat Patuh soal Corona, Prabowo: Kami Tak Mau Otoriter

Ameidyo Daud Nasution
23 Maret 2020, 16:32
prabowo, virus corona, lockdown
Katadata
Menhan Prabowo Subianto saat serah terima alat kesehatan di Lanud Halim Perdanakusuma, jakarta, Senin (23/3). Prabowo meminta masyarakat patuh arahan pemerintah dalam penanggulangan virus corona.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pemerintah tak mau mengambil langkah otoriter dalam menangani virus corona Covid-19. Namun ia meminta masyarakat untuk patuh imbauan pemerintah dengan jaga jarak satu satu sama lain.

Prabowo mengatakan banyak negara lain mengambil langkah keras dalam mencegah corona menyebar. Di beberapa negara, opsi isolasi wilayah alias lockdown kerap diambil guna menekan angka warganya yang tertular.

“Kami tidak mau otoriter. Banyak negara lain keras tapi kami ingin self protection,” kata Prabowo dalam siaran Kompas TV di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (23/3).

(Baca: Prabowo Pesan Lagi Alat Kesehatan Tangani Virus Corona dari Tiongkok)

Prabowo juga meminta masyarakat mematuhi arahan pemerintah untuk beraktivitas di rumah agar tak tertular virus corona. Dia berharap tidak ada warga yang menggunakan kesempatan ini untuk kegiatan lain seperti berlibur.

Selain itu ia juga meminta para orang tua memberitahu anak-anaknya mengerti bahwa dihentikannya kegiatan belajar mengajar di sekolah bukanlah liburan. “Kalau diimbau kerja dari rumah, ya di rumah. Bukan di pantai,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai gerindra itu juga tak bisa memperkirakan sampai kapan kondisi ini berlangsung. Ia lalu meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati, namun tidak panik dalam melihat suasana. “Jaga diri masing-masing, jaga jarak juga,” kata Prabowo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...