Prabowo Pesan Lagi Alat Kesehatan Tangani Virus Corona dari Tiongkok

Prabowo mengatakan Tiongkok telah berpengalaman menghadapi virus corona.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
23 Maret 2020, 14:46
prabowo , tiongkok, virus corona
Antara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menerima alat kesehatan yang dibawa TNI AU dari Tiongkok di Lanud Halim Perdanakusuma, jakarta, Senin (23/3). Prabowo mendapat tawaran alat kesehatan lagi dari Menhan Tiongkok.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan dirinya mendapat tawaran bantuan dari Menteri Pertahanan Tiongkok dalam menangani virus corona Covid-19. Dia juga telah merespons dengan mengirimkan daftar peralatan yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

Hal tersebut dikatakan Prabowo saat menerima 12 ton alat kesehatan dari Tiongkok di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3). Dia mengatakan bantuan dari Tiongkok ini merupakan bentuk kerja sama internasional.

“Saya sudah kirim daftar, tapi belum tahu yang akan dipenuhi nanti,” kata Prabowo. 

(Baca: Pandemi Corona Meluas, Sritex Produksi 20 Ribu Masker Non-Medis)

Pengiriman alat kesehatan gelombang pertama ini disampaikannya dalam surat Menteri Pertahanan bernomor kop B/667/M/III/2020 tertanggal 18 Maret 2020.

Peralatan yang tiba jelang siang tadi  dibawa dari Shanghai, Tiongkok dengan menggunakan pesawat Hercules C130. Prabowo juga membuka kemungkinan mengirim pesawat yang lebih besar guna membawa muatan alat kesehatan berjumlah besar. “Hari-hari akan datang akan lebih banyak kegiatan (pengiriman),” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut juga menganggap bantuan ini merupakan wujud kerja sama internasional yang baik. Apalagi Tiongkok disebutnya telah berpengalaman dalam menghadapi pandemi virus corona.

“Mereka sudah lewati, dahsyat. Jadi mereka tawarkan (bantuan) ke negara-negara lain, kami sambut,” ujar dia.

Alat yang sudah tiba hari ini akan segera dikirim ke rumah sakit yang membutuhkan. Prabowo juga mengatakan pemerintah masih memerlukan beberapa alat seperti ventilator, alat tes cepat, dan alat pelindung diri (APD).

“Saya kira secara umum apa yang dibutuhkan rumah sakit, tidak jauh dari itu,” ujarnya

Dalam prosesi serah terima siang tadi, Prabowo didampingi oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

(Baca: Jokowi: Klorokuin Bukan Antivirus Tapi Obat Lapis Kedua Covid-19)

Reporter: Antara

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait