Pertama Kali, Tiga RS Swasta Ikut Rawat Pasien Positif Virus Corona

Laboratorium Siloam Group, Kalbe Group, dan Bunda Group juga akan ikut memeriksa sampel virus corona
Dimas Jarot Bayu
18 Maret 2020, 17:29
virus corona, rumah sakit swasta, covid-19
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra
Ruang isolasi RSUD Kraton, Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (5/2/2020). Sebanyak 3 RS swasta ikut dalam perawatan virus corona Covid-19

Pihak swasta mulai mengulurkan bantuan untuk perawatan orang yang terinfeksi virus corona Covid-19. Sebanyak tiga rumah sakit swasta akan mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk merawat pasien corona.

Juru bicara pemerintah dalam penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan tiga rumah sakit tersebut yakni RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jati Asih, dan RS Hermina Karawang.

Merekat hanya akan merawat pasien yang menderita Covid-19. Sementara, pasien dengan penyakit bukan corona akan dirujuk ke rumah RS lainnya. "Seluruh kapasitas tempat tidurnya dengan total sekitar 300 tempat tidur," Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

(Baca: Bertambah 55, Jumlah Pasien Positif Corona Melejit jadi 227 Orang)

Selain itu, Yurianto menyebut ada rumah sakit swasta yang akan menyediakan pelayanan pemeriksaan Covid-19. Kendati demikian, Yurianto tidak menyebutkan secara rinci jumlah fasilitas kesehatan milik swasta yang terlibat.

Dia berharap tambahan tersebut akan membuat masyarakat tak terpaku melakukan pemeriksaan di rumah sakit rujukan. "Tapi sektor swasta secara besar, secara bersungguh-sungguh akan ikut melaksanakan," kata Yurianto.

Lebih lanjut, Yurianto menyebut ada tiga jejaring laboratorium yang akan ikut melakukan pemeriksaan sampel Covid-19. Ketiganya, yakni Siloam Group, Kalbe Group, dan Bunda Group. 

Yuri berharap ikutnya tiga grup itu akan mempercepat deteksi terhadap kasus Covid-19 di Indonesia. "Diharapkan dengan cara ini maka penemuan cepat kasus Covid-19 dapat dilaksanakan dengan maksimal," kata Yurianto.

Advertisement

(Baca: Obat Buatannya Efektif Lawan Corona, Harga Saham Fujifilm Lompat 19,5%)

Pemerintah sebelumnya telah menyiapkan 359 rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19. Secara rinci, ada 132 rumah sakit milik pemerintah, 109 rumah sakit milik Tentara Nasional Indonesia (TNI), 53 rumah sakit milik Polri, dan 65 rumah sakit milik BUMN.

Pemeriksaan sampel pun kini tak hanya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan. Uji sampel Covid-19 dapat pula dilaksanakan di Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute, dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL).

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait