Jokowi Terima Bantuan Gratis 7 Aplikasi Belajar di Rumah saat Corona

Tujuh aplikasi itu adalah Ruang Guru, Zenius, Google, Microsoft, Quipper, Sekolahmu, dan Kelas Pintar
Dimas Jarot Bayu
16 Maret 2020, 18:43
virus corona, pendidikan, jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/ama.
Presiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020). Jokowi mengatakan 7 aplikasi pendidikan beri bantuan agar siswa dapat belajar di rumah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah mendapatkan bantuan gratis pengajaran secara daring dari berbagai aplikasi pendidikan. Hal ini sejalan dengan kebijakan belajar dari rumah guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Jokowi mengatakan, bantuan pengajaran gratis tersebut didapatkan dari Ruang Guru, Zenius, Google, Microsoft, Quipper, Sekolahmu, dan Kelas Pintar. Dengan adanya bantuan gratis tersebut, para guru diminta mengarahkan siswa belajar secara daring dari rumah selama dua pekan ke depan.

Namun Presiden tak menjelaskan bantuan apa yang didapatkan pemerintah.  “Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Makarim) telah mengkoordinasikan ini sehingga kami mendapatkan bantuan gratis,” kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

(Baca: Bertambah 17 Pasien, Kasus Positif Corona di Indonesia jadi 134 Orang)

Advertisement

Selain itu, mobilitas siswa di luar rumah bisa berkurang dan mencegah penyebaran Covid-19. “Jangan sampai pelajar libur, tapi justru malah bermain ke warnet, bermain ke tempat-tempat yang banyak kerumunan orang,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan jika kebijakannya ini tak bisa diterapkan kepada semua siswa. Sebab, masih ada siswa yang belum bisa belajar secara daring. Karena itu ia akan memantau kebijakan belajar dari rumah, “Evaluasi akan terus saya ikuti,” kata Jokowi.

Kepala Negara sebelumnya mengumumkan kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Kebijakan ini diambilnya diharapkan bisa mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain.

Selain itu, kebijakan tersebut bertujuan menjaga jarak antar orang. “Serta mengurangi kerumunan orang yang membawa risiko lebih besar pada penyebaran Covid-19,” kata Jokowi.

(Baca: Soroti Pemda dalam Tangani Corona, Jokowi: Jangan Perburuk Keadaan)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait