Istana Klarifikasi Lolosnya Menhub Budi Ikut Rapat Kabinet 11 Maret

Dimas Jarot Bayu
16 Maret 2020, 14:26
istana, menhub, virus corona
Sekretariat Kabinet
Menteri Perhubungan Budi Karya tampak hadir dalam Rapat Terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, pada Rabu, 11 Maret 2020. Pihak istana mengatakan suhu tubuh Budi normal saat mengikuti rapat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus corona Covid-19 pada Sabtu (14/3). Sebelum itu, Budi diketahui sempat datang ke Kompleks Istana Kepresidenan beberapa kali untuk hadir rapat bersama Presiden Joko Widodo.

Budi pun tampak hadir dalam rapat terbatas pada 11 Maret 2020 lalu. Dia duduk berdampingan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

Advertisement

Ia bisa melenggang masuk Istana, meski pemeriksaan telah diperketat sejak 3 Maret 2020 lalu. Ketika itu, ada pengukuran suhu tubuh melalui thermal gun kepada setiap tamu, baik menteri, pegawai, hingga wartawan.

Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan masuknya Budi ke Istana walaupun terpapar Covid-19 karena suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celsius. Pihak Istana dalam dua pekan terakhir hanya melarang tamu yang suhu tubuhnya di atas 37,5 derajat celsius.

"Pak BKS (Budi Karya Sumadi) itu suhunya 37,1 atau 37,2 derajat celsius," kata Bey ketika dihubungi Katadata.co.id, Senin (16/3).

(Baca: Menteri Perhubungan Budi Karya Positif Terinfeksi Corona)

Usai kejadian tersebut, Bey mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi. Karenanya, pihak Istana telah memasangkan bilik disinfektan mulai hari ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement