Antisipasi Corona, Pengusaha Minta Kemudahan Cicilan Utang ke Jokowi

Dimas Jarot Bayu
11 Maret 2020, 16:58
utang, pengusaha, jokowi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Rosan P Roeslani hari Rabu (11/3) meminta Presiden Jokowi dan instansi terkait keuangan lain memberi kemudahan kepada bisnis yang terdampak virus corona.

Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia hari Rabu (11/3) siang menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Kadin meminta Jokowi dan otoritas terkait lain memberikan kemudahan akibat bisnis terdampak virus corona Covid-19.

Salah satunya dengan membolehkan pelaku usaha membayarkan bunga utang terlebih dulu dibanding pokok pinjaman ke perbankan. Meski demikian, usulan ini tak berlaku untuk seluruh pengusaha usaha namun hanya perusahaan yang terdampak langsung virus corona.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan beberapa contohnya seperti perhotelan, event organizer, restoran, dan maskapai penerbangan. Sedangkan pembayaran iuran pokok tersebut ditunda hingga Desember 2020.

“Tadi kami sampaikan ke Pak Presiden, nanti akan disampaikan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga,” kata Rosan di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

(Baca: Penerimaan Pajak Terancam Meleset Jauh dari Target Akibat Corona)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...