Satu Pasien Positif Corona di Indonesia Meninggal Dunia

Pasien tersebut merupakan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.
Dimas Jarot Bayu
11 Maret 2020, 13:41
virus corona, pasien corona meninggal, pasien 25, virus korona
Antara
Juru bicara nasional penanganan virus corona Achmad Yurianto hari Rabu (11/3) memastikan satu pasien positif virus corona meninggal dunia

Satu pasien positif virus corona Covid-19 dengan identifikasi kasus nomor 25 meninggal dunia. Pasien tersebut merupakan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan pasien tersebut meninggal karena menderita beberapa penyakit lain. Komplikasi tersebut telah diderita pasien 25 sebelum dirawat di rumah sakit.

“Ada faktor penyakit mendahului, di antaranya diabetes, hipertensi, hipertiroid dan sakit paru-paru obstruksi menahun,” kata Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3).

(Baca: Makin Banyak, Jumlah Kasus Positif Corona di Indonesia Capai 27 Orang)

Advertisement

Yurianto mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan kedutaan negara asal pasien 25. Saat ini pemerintah tengah memproses pengiriman jenazah ke negaranya. “Selama perawatan, pasien 25 didampingi suaminya,” kata Yurianto.

Pasien 25 diketahui baru terdeteksi positif Covid-19 pada Selasa (10/3) bersama tujuh orang lainnya. Hingga kini sudah ada 27 orang yang terdeteksi positif Covid-19 di Indonesia.

Dari 27 orang tersebut, 14 orang merupakan tertular di dalam negeri. Sementara 13 orang lainnya tertular dari negara lain. Adapun 23 pasien positif Covid-19 merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan empat orang lainnya merupakan WNA.

Namun satu dari 27 pasien yang positif terinfeksi virus corona belum terlacak sumber penularannya. Yurianto mencurigai pasien tersebut tertular melalui transmisi lokal. WNI laki-laki berusia 33 tahun tersebut diidentifikasi sebagai pasien 27. 

"Kami tracking dari mana sumbernya karena bukan impor dan tidak jelas dari klaster lainnya. Mungkin nanti bisa ditemukan (sumbernya)," kata dia di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa kemarin.

(Baca: Lima Teknologi Ini Dinilai Bisa Tangani Wabah Virus Corona)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait