Jokowi dan Raja Belanda Sepakati Bisnis Senilai Rp 14 Triliun

Salah satu yang akan berinvestasi adalah Frieslandcampina yang akan mengembangkan pabrik susu Frisian Flag.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
10 Maret 2020, 14:38
Sudah DiverifikasiPresiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut Raja beserta Ratu Belanda, Y.M. Raja Willem- Alexander beserta Y.M. Ratu Maxima dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo menyambut Raja Belanda Willem- Alexander dengan Upacara Penyambutan Kenegaraan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Pertemuan keduanya menyepakati kerja sama senilai US$ 1 miliar.

Pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3) menghasilkan sejumlah kesepakatan bisnis.

Total nilai kerja sama tersebut mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14,3 triliun. Sebelumnya Raja Willem mengatakan dirinya membawa 110 pengusaha Belanda untuk memperkuat bisnis dengan Indonesia. 

“Sejumlah kerja sama antarbisnis juga dilakukan dengan nilai yang cukup besar,” kata Jokowi saat memberikan keterangan bersama usai pertemuan.  Salah satu yang akan berinvestasi adalah Frieslandcampina yang akan mengembangkan pabrik susu Frisian Flag.

(Baca: Raja dan Ratu Belanda Bawa 110 Pengusaha Bertemu Presiden Jokowi)

Tak hanya kerja sama antarbisnis, Indonesia dan Belanda juga menandatangani kesepakatan antarpemerintah di bidang produksi kelapa sawit berkelanjutan. Keduanya juga sepakat bekerja sama dalam isu perempuan, perdamaian, dan keamanan. “Juga kerja sama tentang pengelolaan dan pengendalian penyakit menular,” kata Jokowi.

Jokowi berharap berbagai kerja sama Indonesia dan Belanda itu dapat saling menguntungkan dan menghormati. Apalagi dunia saat ini berada di tengah ketidakpastian.

Menurut Jokowi, perdamaian dan stabilitas dunia hanya dapat tercapai jika negara-negara di dunia melakukan hubungan berdasarkan penghormatan dan integritas wilayah negara lain. “Saya ingin mengajak baginda membangun sebuah hubungan kuat berdasarkan prinsip-prinsip tersebut,” kata Jokowi.

Kepala Negara menilai kerja sama antara Indonesia dan Belanda ini tak lantas menghapus masa lalu kelabu kedua negara. Namun Indonesia dan Belanda dapat belajar dari sejarah kelam tersebut.

“Kita jadikan pelajaran tersebut untuk meneguhkan komitmen untuk membangun sebuah hubungan yang setara, yang saling menghormati, dan saling menguntungkan,” kata Jokowi.

(Baca: Kadin Sebut Virus Corona Tak Pengaruhi Perjanjian Dagang Internasional)

Willem dan Maxima melakukan kunjungan ke Indonesia selama 4 hari. Dalam kunjungannya tersebut, pasangan Kerajaan Belanda tersebut tak hanya ke Jakarta, namun juga Yogyakarta, Palangkaraya, dan Sumatera Utara.

Lawatan Willem kali ini merupakan yang pertama bagi Raja Belanda sejak setelah 25 tahun lalu. Sementara, Maxima telah mengunjungi Indonesia selama dua kali, yakni pada 2012 dan 2015.

 

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Video Pilihan

Artikel Terkait