Usai Sterilisasi Corona, Saudi Buka Kembali Masjidil Haram dan Nabawi

Ameidyo Daud Nasution
6 Maret 2020, 12:17
Masjidil Haram, masjid Nabawi, Virus Corona, arab saudi
ANTARA FOTO/Arief Chandra
Umat muslim memadati area sekitar Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Kamis (27/2/2020). Usai sterilisasi, Arab Saudi kembali buka Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Arab Saudi membuka kembali Masjdil Haram di  Kota Mekah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah. Dua lokasi ibadah paling penting umat Islam ini ditutup sejak Rabu (4/3) guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Arab Saudi juga telah menutup beberapa tempat ibadah mereka bagi jamaah lokal maupun asing untuk menahan penyebaran virus. Meski demikian, belum ada penjelasan lebih jauh apakah jemaah sudah diperbolehkan beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Arab Saudi membuka kembali dua situs keagamaan paling suci dalam Islam,” demikian keterangan televisi pemerintah yakni Al-Ekhbariya yang dilansir dari Reuters, Jumat (6/3). 

(Baca: Khawatir Corona, Arab Saudi Perluas Larangan Umrah )

Dilansir dari Arabnews.com, otoritas setempat setiap hari akan menutup Masjidil Haram dan Masjid Nabawi satu jam setelah salat isya. dan dibuka kembali satu jam sebelum salat subuh. Namun lokasi tawaf di sekitar Ka'bah dan tempat ritual Sa'i akan tetap ditutup sampai dengan larangan umrah dicabut.

"(Semua) ibadah akan dilakukan di dalam Masjidil Haram," demikian dikutip dari Arabnews.com.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...