Dugaan Virus Corona, Ganjar-Risma Ogah Terima Kapal Pesiar Viking Sun

Ameidyo Daud Nasution
5 Maret 2020, 19:23
viking sun, ganjar pranowo, tri rismaharini, virus corona
ANTARA/HO-Humas Pemprov Jawa Tengah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menolak kapal pesiar Viking Sun berlabuh di Semarang. Namun hari Kamis (5/3), kapal ini akhirnya bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas untuk mengisi logistik.

Beberapa kepala daerah kompak menolak kapal pesiar Viking Sun bersandar di pelabuhan wilayahnya. Ini karena kapal berbendera Norwegia tersebut diduga membawa orang yang diduga tertular virus corona Covid-19.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melarang kapal tersebut berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Dia ingin ada pemeriksaan kesehatan terlebih dulu terhadap seluruh penumpang kapal.

“Kalau tidak mau, silakan berlayar pulang ke tempat asal,” kata Ganjar di Tegal, Kamis (5/3).

(Baca: Google I/O 2020 dan Acara Teknologi Ini Juga Batal Karena Virus Corona)

Di Surabaya, kapal pesiar ini juga ditolak merapat oleh empunya kota yakni Tri Rismaharini. Risma mengatakan dirinya menerima laporan dari Labuan Bajo bahwa ada dua orang diduga tertular virus corona ikut berlayar di Viking Sun.

Viking Sun sebelumnya berlayar dari Darwin, Australia menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Setelah itu kapal yang membawa 1.600 turis ini melanjutkan perjalanannya ke Semarang lewat Surabaya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...