Menpan-RB Tjahjo Kumolo Kembali Minta ASN Lepas Cadar di Kantor

Rizky Alika
5 Maret 2020, 15:06
tjahjo kumolo, pns, cadar
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pegawai Negri Sipil upacara 17 Agustus di Pulau Reklamasi, Jakarta (17/8). Menpan-RB Tjahjo Kumolo (5/3) meminta pegawai yang bekerja di kementeriannya untuk melepas cadar ketika tiba di kantor.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo kembali menyinggung soal Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memakai cadar. Ia meminta pegawai yang bekerja di kementeriannya untuk melepas cadar ketika tiba di kantor.

Bukan pertama kalinya Tjahjo melontarkan pernyataan agar pegawai negeri wanita melepas cadarnya. Bulan Oktober 2019 lalu politisi PDI Perjuangan tersebut tak menggunakan niqab di kantor pemerintahan.

Advertisement

Ia pun mempertanyakan bagaimana ASN tersebut melayani masyarakat namun menggunakan cadar. Meski begitu, ia menyatakan saat ini belum ada aturan yang mengatur tentang larangan penggunaan pakaian tersebut.

"Begitu Anda berangkat dari rumah, silakan pakai cadar. Begitu masuk kantor silakan lepas," kata dia di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (5/3).

(Baca: Menag Sebut Belajar Agama Lewat Medsos Rawan Jadi Intoleran)

Tjahjo menceritakan, ada peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang melamar di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), namun menggunakan cadar. Akhirnya, peserta tersebut tidak lolos tes seleksi. "Itu terpaksa tidak diluluskan karena tidak mau melepaskan cadarnya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement